Pemilu 2019

Cerita Kapolres dan Dandim Demak Kawal Distribusi Kotak Suara Naik Perahu

Naik perahu, Kapolres Demak AKBP Arief Bahtiar bersama Dandim 0716 Demak Letkol Inf Abi Kusnianto dan Ketua KPU Demak Bambang Setya Budi, mengawal d

Cerita Kapolres dan Dandim Demak Kawal Distribusi Kotak Suara Naik Perahu
Tribunjateng /Alaqsha Gilang Imantara
Dengan menggunakan perahu, Kapolres Demak AKBP Arief Bahtiar bersama-sama dengan Dandim 0716 Demak Letkol Inf.Abi Kusnianto dan Ketua KPU Demak Bambang Setya Budi mengawal langsung distribusi kotak suara ke daerah terpencil di Dukuh Seklenting, Desa Wedung, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak, Selasa (16/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Alaqsha Gilang Imantara

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Menaiki perahu, Kapolres Demak AKBP Arief Bahtiar bersama Dandim 0716 Demak Letkol Inf Abi Kusnianto dan Ketua KPU Demak Bambang Setya Budi, mengawal distribusi kotak suara ke daerah terpencil.

Yakni di Dukuh Seklenting, Desa Wedung, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak, Selasa (16/4/2019).

Kotak suara didistribusikan dari balai desa Wedung ke Dukuh Seklenting melewati sungai Wulan sejauh 4,5 km dan membutuhkan waktu 30 menit untuk sampai ke tempat tujuan.

Nurhadi Capres No 10 Ikut Coblos Pemilu 2019 di Kudus, Pakai Kaus Putih Kontrol Komunitas Angka 10

Hasil Quick Count Litbang Kompas di pemilu.kompas.com/quickcount, Tayang Mulai Pukul 15:00 WIB

Inilah Daftar Promo Coblosan Hari Pemilu 17 April 2019, Dari KFC hingga Bread Talk

Survei Terbaru LSI Denny JA: 5 Parpol Terancam Gagal ke Parlemen, PKS Berpeluang, PAN Berat

Kapolres Demak, AKBP Arief Bahtiar mengatakan pihaknya bersama -sama dengan Dandim 0716 Demak dan ketua KPU Demak mengawal pengiriman kotak suara di daerah terpencil untuk memastikan keamanan pergeseran surat suara dan kotak suara ke TPS.

"Kami mengecek kesiapan TPS mulai dari KPPS, linmas, anggota Polri dan TNI yang melaksanakan pengamanan di lokasi di Desa Seklenting,"ucapnya.

Untuk pengamanan TPS di daerah terpencil, Polres Demak akan membuat pola pengamanan 2 personel Polri untuk mengawasi 6 TPS, berbeda dengan pola pengamanan TPS biasa dimana 2 personil Polri untuk mengawasi 14 TPS.

"Kami juga mengecek kesiapan lokasi tempat penyimpanan kotak suara dan surat suara.Secara umum di Kabupaten Demak untuk surat suara dan kotak suara sudah berada di TPS masing-masing desa,"tuturnya.

Ketua KPU Demak, Bambang Setya Budi, mengatakan Dukuh Seklenting memang menjadi perhatian khusus bagi KPU Demak karena lokasinya sangat jauh dan harus melewati sungai dari Balai Desa Wedung sehingga perlu menggunakan perahu untuk sampai ke TPS Dukuh Seklenting. Selain dukuh Seklenting, juga ada dukuh Gojoyo yang harus didistribusikan menggunakan perahu.

"Kita geser kotak suara langsung ke lokasi TPS sore ini sehingga untuk pengamanannya biar lebih mudah sehingga besok pagi sudah siap,"ujarnya.

Untuk sosialisasi memilih di Desa Seklenting dan dukuh Gojoyo, KPU Demak telah bekerjasama dengan semua pihak, pemerintah Desa dan seluruh stakeholder termasuk kelompok relawan demokrasi untuk terjun sampai ke desa terpencil termasuk di Dukuh Seklenting.

"Artinya kami yakin masyarakat sudah tahu terkait dengan proses pemungutan suara besok tanggal 17 April 2019,"jelasnya.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Wedung, Wahid Suudi menambahkan ada 25 kotak suara untuk 5 TPS yang didistribusikan ke Dukuh Seklenting. Memang menurut ketentuan yang harus kotak suara harus didistribusikan tanggal 17 April 2019 pagi hari.

"Tetapi karena jarak yang cukup jauh dan tidak bisa pilih melalui jalur darat maka ada kebijakan khusus dari KPU Demak boleh diantar tanggal 16 juni 2019,"tuturnya.

Dijelaskan, kelima TPS di Dukuh Seklenting yaitu TPS 28, 29, 30, 31, dan 32 dengan total DPT di kelima TPS yaitu 1136 pemilih. Untuk dukuh Gojoyo juga terdapat lima TPS yaitu TPS 23,24,25,26,27 dengan total DPT di kelima TPS yaitu 1213 pemilih. (agi)

Penulis: Alaqsha Gilang Imantara
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved