Pemilu 2019

Di Sukoharjo, Ditemukan 12 Surat Suara Pilpres Tercoblos

Sebanyak 12 surat suara pilpres ditemukan berlubang di TPS 10 Wironanggan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu ( 17/4/2019).

Di Sukoharjo, Ditemukan 12 Surat Suara Pilpres Tercoblos
KOMPAS.com/Dokumentasi Bawaslu Sukoharjo
BERLUBANG --Inilah beberapa surat suara pilpres suara berlubang yang ditemukan di TPS 10 Wironanggan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo. 

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO - Sebanyak 12 surat suara pilpres ditemukan berlubang di TPS 10 Wironanggan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu ( 17/4/2019).

Komisioner Bawaslu Sukoharjo Divisi Data Hukum dan Informasi, Muladi Wibowo saat dikonfirmasi Kompas.com, membenarkan temuan 12 surat suara pilpres yang berlubang.

Muladi menyebut surat suara pilpres yang berlubang bukan karena tercoblos.

"Lubang pada surat suara pilpres itu bukan karena tertusuk. Kalau ditusuk pasti ada bekasnya dan kalau diraba ada terasa," kata Muladi.

Muladi menyatakan, surat suara yang berlubang besarnya hanya sebesar lubang jarum jahit.

Ia menduga, kertas surat suara pilpres itu berlubang karena ada kelemahan pada saat penyortiran surat suara.

"Bisa jadi karena problem sortir saja. Terkadang ada kertas terkena mesin kemudian berlubang. Kemudian dari awal kertasnya sudah cacat. Ada lubangnya," kata Muladi.

Muladi menambahkan, jumlah surat suara pilpres yang berlubang terdiri 10 surat suara yang berlubang untuk paslon capres-cawapres nomor urut satu.

Sisanya, dua surat suara berlubang pada paslon capres-cawapres nomor urut dua.

Surat suara pilpres berlubang diketahui saat seorang pemilih, Joko Wismo Waluyo sekitar pukul 08.17 WIB meminta ganti surat suara karena menemukan surat suara dalam kondisi berlubang.

Kemudian, KPPS mengganti surat suara yang rusak tersebut.

Dua jam kemudian, Wandhan Feri Ariyan petugas KPPS dan Rokhim petugas Linmas menemukan sembilan surat suara berlubang saat melakukan pengecekan dengan lampu handphone sebelum surat suara diberikan ke pemilih.

Terhadap temuan itu, Bawaslu memberikan masukan agar PPS meminta surat suara tambahan dan menyatakan 12 surat suara berlubang sebesar jarum menjadi surat suara rusak.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Di Sukoharjo Ditemukan 12 Surat Suara Pilpres Berlubang"

Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved