Pemilu 2019

Kekurangan Surat Suara, 67 Napi Rutan Kelas IIB Kota Salatiga Belum Bisa Mencoblos

Sebanyak 67 narapidana yang sekarang sedang menjalani masa hukuman di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kota Salatiga belum bisa menggunakan hak suarany

Kekurangan Surat Suara, 67 Napi Rutan Kelas IIB Kota Salatiga Belum Bisa Mencoblos
TRIBUNJATENG.COM/ M NAFIUL HARIS
Sejumlah narapidana melakukan pencoblosan dalam pemilu 17 April 2019 di Rutan Kelas IIB Kota Salatiga, Rabu (17/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nafiul Haris

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Sebanyak 67 narapidana yang sekarang sedang menjalani masa hukuman di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kota Salatiga belum bisa menggunakan hak suaranya dalam pemilu 17 April 2019, hari ini.

Ketua Sub Seksi Pelayanan Tahanan sekaligus Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Dwi Murdanto mengatakan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sesuai daftar dari KPU total ada 11 orang, hanya kemudian lima lainnya sebelum hari H pencoblosan telah selesai menjalani hukuman.

“Kalau mengacu DPT warga binaan asal Salatiga sekarang tinggal 6 orang. Kesemuanya sudah melakukan pencoblosan.

Sedang 67 narapidana lainnya karena masuk dalam daftar pemilih tambahan (DPT) belum bisa menggunakan hak suaranya lantaran surat suara belum lengkap,” terangnya kepada Tribunjateng.com, di Rutan Kelas IIB Kota Salatiga, Rabu (17/4/2019).

Nurhadi Capres No 10 Ikut Coblos Pemilu 2019 di Kudus, Pakai Kaus Putih Kontrol Komunitas Angka 10

Survei Terbaru LSI Denny JA: 5 Parpol Terancam Gagal ke Parlemen, PKS Berpeluang, PAN Berat

Hasil Quick Count Litbang Kompas di pemilu.kompas.com/quickcount, Tayang Mulai Pukul 15:00 WIB

Inilah Daftar Promo Coblosan Hari Pemilu 17 April 2019, Dari KFC hingga Bread Talk

Menurut Murdanto, bagi warga binaan yang masuk dalam DPTb baru dapat melakukan pencoblosan diperkirakan setelah pukul 10.00 WIB. Karena, menunggu surat suara sisa dari tempat pemungutan suara (TPS) sekitar lokasi rutan.

“Sedangkan 21 orang lainnya mengalami masalah berbeda yaitu saat namanya didaftarkan masuk DPTb, saat proses pencocokan data tidak terdaftar di DPT pada kota asal mereka. Akhirnya KPU belum bisa membuatkan formulir A5 karena terkendala administrasi kependudukan,” katanya.

Ia menambahkan secara teknis persiapan pelaksaan pemungutan dan penghitungan suara bagi warga binaan tidak mengalami masalah.

Beberapa hambatan hanya saat proses awal saja karena mengharuskan koordinasi dengan KPU terkait jumlah penghuni lapas yang rentan keluar masuk.

Dikatakannya saat ini surat suara pemilu yang masih kurang diantaranya surat suara Pilpres sebanyak 61 lembar, kemudian DPD 59 lembar, lalu DPR RI ada 44 lembar dan DPRD Jateng total 37 lembar.

“Total 201 lembar, jadi sementara ini kami hanya bisa menunggu dan belum bisa melakukan pemilihan.

Infonya KPU akan mengirimkan kekurangan surat suara sekira pukul 10.00 WIB tadi. Tapi sampai sekarang belum ada perkembangan, kami masih terus melakukan koordinasi,” jelasnya (ris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved