Pemilu 2019

KPU Salatiga Musnahkan Ribuan Surat Suara Rusak

KPU Kota Salatiga melakukan pemusnahan dengan membakar ribuan surat suara baik Pilpres, DPD RI, DPR RI, DPRD Jateng dan Kab/Kota yang rusak

KPU Salatiga Musnahkan Ribuan Surat Suara Rusak
TRIBUNJATENG/M NAFIUL HARIS
Ketua KPU Kota Salatiga Syaemuri Albab menyaksikan proses pembakaran surat suara rusak pasca sortir lipat di Kantor KPU Kota Salatiga, Selasa (16/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nafiul Haris

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga melakukan pemusnahan dengan membakar ribuan surat suara baik Pilpres, DPD RI, DPR RI, DPRD Jateng dan Kab/Kota yang rusak setelah proses penyortiran dan pelipatan beberapa waktu lalu.

Ketua KPU Kota Salatiga Syaemuri Albab mengatakan total surat suara rusak yang dibakar berjumlah 3.346 meliputi lima jenis surat suara pada pemilu 17 April 2019 nanti. Saat pemusnahan turut serta menjadi saksi anggota Bawaslu dan aparat kepolisian.

“Jadi pemusnahan petang ini menindaklanjuti surat KPU RI nomor 67 tahun 2019 terhadap surat suara yang rusak kemudian cacat atau sisa dari kiriman,” terangnya kepada Tribunjateng.com, disela pembakaran surat suaara rusak di Kantor KPU Kota Salatiga, Selasa (16/4/2019)

Menurut Syaemuri, tujuan dari pembakaran itu agar semua menyaksikan bahwa tidak ada surat suara tertinggal di gudang KPU. Dimana rawan menimbulkan dugaan digunakan penyelanggara ataupun pihak lainnya dalam rangka pemungutan dan penghitungan suara nantinya.

Jumlahnya kata dia, sangat variatif untuk surat suara presiden yang dimusnahkan ada 79 lembar, kemudian DPD 335 lembar, lalu DPR RI 1.059, dan DPRD Jateng 680.

“Sisanya DPRD Dapil Kota Salatiga 1.493, ya itu kira-kira semua perinciannya sudah kami buatkan berita acara mendetail sesuai jenis kertas suara,” katanya

Dikatakan Syaemuri rata-rata umum surat suara rusak akibat robek dan terkena noda saat proses pewarnaan dari percetakan sehingga gambarnya tidak jelas. Untuk pengganti sejumlah surat suara yang rusak tersebut telah diterima KPU sekarang proses distribusi telah sampai pada TPS kelurahan.

“Secara umum persiapan pemilu besok tinggal pencoblosan saja. Semoga kesemuanya berlangsung lancar tanpa diwarnai masalah apapun. Dan malam ini bersama Forkopimda akan kami tinjanu ke TPS-TPS,” pungkasnya.(ris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved