Puluhan Tahanan Polda Jateng Tidak Bisa Mencoblos, Ini Alasannya

Sebanyak 24 orang dari total 70 tahanan Polda Jateng tidak dapat menggunakan hak pilih dalam Pemilu 2019, Rabu (17/04/2019).

Puluhan Tahanan Polda Jateng Tidak Bisa Mencoblos, Ini Alasannya
TRIBUN JATENG/IDAYATUL ROHMAH
Wakil Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Polda Jateng, Kompol Agus Sulton Mahmud beserta jajarannya menjelaskan terkait jumlah pemilih yang berada di Rutan Tahti Polda Jateng, Rabu (17/04/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebanyak 24 orang dari total 70 tahanan Polda Jateng tidak dapat menggunakan hak pilih dalam Pemilu 2019, Rabu (17/04/2019).

Wakil Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Polda Jateng Kompol Agus Sulton Mahmud menuturkan 24 orang yang tidak masuk daftar pemilih tersebut lantaran tidak memenuhi syarat secara administratif.

"Yang bersangkutan tidak bisa memberikan data lengkap baik KTP maupun KK karena keluarganya sulit dihubungi," jelasnya di Kantor Tahti.

Pemilu 2019 - Perbedaan Quick Count dan Exit Poll, Serta Metode Yang Digunakan

Pemilu: Ronaldo Vs Messi

Selain itu, lanjut Agus, adanya tahanan baru tidak dapat menggunakan hak pilihnya lantaran telah melewati batas layanan pindah TPS dari KPU.

Ia menyebutkan, berdasarkan hasil koordinasi dengan KPU Kota Semarang, data tersebut paling lambat tanggal 10 April.

Namun, jelasnya, hingga batas waktu yang ditentukan beberapa tahanan tidak bisa memberikan data lengkap sesuai ketentuan.

"Ditunggu sampai tanggal 10 April tapi belum memberikan data, terpaksa yang mengikuti pemilihan umum adalah 46 orang," tambahnya.

Kendati begitu, lanjutnya, 46 tahanan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dinyatakan dapat mengikuti pemungutan suara dengan kondusif.

Disebutkan dalam pemilihan tersebut, untuk DPRD kota ada 1 suara, DPRD Provinsi 24 suara, DPR RI 19 suara, DPD 45 suara, dan Presiden dan Wakil Presiden 45 suara.

"Jumlah suara ini bahkan ada yang satu suara. Ini melihat kondisi tahanan. Bagi tahanan yang daerah domisilinya Semarang Selatan dan Semarang Barat tetap lima suara," tandasnya. (idy)

Penulis: Idayatul Rohmah
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved