Ratusan Surat Suara DPRD Kabupaten Pekalongan Tertukar

Anis Kurli petugas Bawaslu Kabupaten Pekalongan mengatakan ada ratusan surat suara yang tertukar di Kecamatan Karanngdadap

Ratusan Surat Suara DPRD Kabupaten Pekalongan Tertukar
Tribunjateng.com/Indra Dwi Purnomo
Ratusan surat suara DPRD Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah yang tertukar, Rabu (17/04/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019 di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah terkendala. Diantaranya tertukarnya ratusan surat suara dari Daftar Pemilih (Dapil), dengan surat suara dari Dapil lainnya.

Kasus tertukarnya ratusan Surat Suara (Susu) DPRD Kabupaten Pekalongan terjadi di wilayah Kecamatan Karanngdadap.

Sebagai contoh, surat suara caleg Dapil IV yang seharusnya diperuntukkan bagi pemilih di daerah pemilihan Kecamatan Karangdadap ditemukan di TPS 4, 8, 14 Kecamatan Tirto yang seharusnya Dapil III.

Nurhadi Capres No 10 Ikut Coblos Pemilu 2019 di Kudus, Pakai Kaus Putih Kontrol Komunitas Angka 10

Hasil Quick Count Litbang Kompas di pemilu.kompas.com/quickcount, Tayang Mulai Pukul 15:00 WIB

Survei Terbaru LSI Denny JA: 5 Parpol Terancam Gagal ke Parlemen, PKS Berpeluang, PAN Berat

Inilah Daftar Promo Coblosan Hari Pemilu 17 April 2019, Dari KFC hingga Bread Talk

Anis Kurli petugas Bawaslu Kabupaten Pekalongan mengatakan ada ratusan surat suara yang tertukar di Kecamatan Karanngdadap.

"Ada tiga TPS di Karanngdadap yang mengalami penukaran surat suara diantaranya di TPS 9 Logandong ada 193 surat suara, TPS 11 Pegandon ada 220 surat suara, dan TPS 12 Pegandon 181 surat suara jadi total surat suara yang tertukar di Karanngdadap ada 594 surat suara," kata Anis Kurli petugas Bawaslu Kabupaten Pekalongan kepada Tribunjateng.com saat memberikan klarifikasi tertukarnya surat suara di balai desa Kecamatan Karanngdadap, Kabupaten Pekalongan, Rabu (17/04/2019).

Sedangkan untuk di Kecamatan Tirto ada 129 surat suara DPRD Kabupaten Pekalongan yang tertukar.

"Harusnya di Kecamatan Tirto Dapil III untuk surat suara DPRD Kabupaten Pekalongan namun tertukar dengan Dapil IV,"jelasnya.

Menurut Anis tertukarnya surat suara tersebut disebabkan akibat kurang konsentrasinya petugas KPU saat melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara. 

"Kasus tertukarnya surat suara yang begitu banyaknya ini di Kabupaten Pekalongan adalah kasus yang pertama kalinya,"ungkapnya.

Anis menambahkan tidak hanya ada di Karanngdadap dan Tirto yang mengalami tertukarnya surat suara, di Kecamatan lain juga ada laporan mengenai hal tersebut.

"Barusan ada laporan masuk dari pengawas kecamatan. Di Kecamatan Siwalan, Kesesi, dan Wiradesa juga mengalami penukaran surat suara. Saat ini saya hendak ke kecamatan tersebut untuk cek berapa surat suara yang tertukar,"imbuhnya. (Dro)

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved