Pemilu 2019

Unggah Video Saat Mencoblos di Bilik Suara, Pemuda di Kudus Ditegur Bawaslu

Bawaslu Kabupaten Kudus menegur pemuda yang mengunggah video mencoblos surat suara Pilpres di bilik suara

Unggah Video Saat Mencoblos di Bilik Suara, Pemuda di Kudus Ditegur Bawaslu
TRIBUN JATENG/RIFQI GOZALI
Ilustrasi / Ketua Bawaslu Kudus, Moh Wahibul Minan (tengah), menunjukkan barang bukti berupa uang dari hasil tangkap tangan politik uang di Kantor Bawaslu Kudus, Selasa (16/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus menegur pemuda yang mengunggah video mencoblos surat suara Pilpres di bilik suara.

Diketahui video berdurasi 25 detik itu diunggah di status whatsapp pribadinya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kudus, Moh Wahibul Minan mengatakan, setelah mengetahui adanya pendokumentasian pencoblosan di dalam bilik suara, pihaknya lantas mendatangi pemuda pemasang status.

“Pemuda yang memasang status video di whatsapp-nya langsung kita tegur. Dia mengunggah hanya di statusnya saja,” kata Minan.

Dari video yang diterima Tribun Jateng, orang yang membuat video mendokumentasikan saat dia mencoblos pasangan capres nomot urut 1 secara jelas.

“Cara mencoblos yang baik dan benar, bismillahirrahmanirrahim ambil kertas suara, buka, angel. Carane sing siseh gini , wei sandal ben gampang, ben ora kena angin. Bismillahirrahmanirrahim 01. Mantap alhamdulillah,” ujar lelaki pembuat video.

Di dalam video tersebut jelas, bahwa di muka surat suara terdapat keterangan bahwa surat tersebut diperuntukkan bagi TPS 05 di Desa Kutuk, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus. Sementara Minan membenarkan, bahwa hal tersebut benar terjadi di TPS tersebut.

“Banar, kami langsung datangi. Langsung kami tegur. Videonya sudah dihapus,” kata Minan melalui sambungan telepon.

Terkait sanksi bagi pengunggah video, kata Minan, tidak ada. Hal itu sesuai dengan  Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2019 Pasal 35 Tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara.

Halaman
12
Penulis: Rifqi Gozali
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved