Bupati Tegal: Dana Desa untuk Bantu Korban Terdampak Bencana, Tak Melulu Infrastruktur

Selain untuk infrastruktur, DD yang dikucurkan kepada Pemerintah Desa (Pemdes) diharapkan bisa membantu warga terkena atau terdampak musibah.

Bupati Tegal: Dana Desa untuk Bantu Korban Terdampak Bencana, Tak Melulu Infrastruktur
TRIBUN JATENG/AKHTUR GUMILANG
Bupati Tegal Umi Azizah menyerahkan bantuan sosial kepada warga dimana rumahnya roboh akibat hujan deras Desa Kramat Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, Kamis (18/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Selain untuk infrastruktur, dana desa (DD) yang dikucurkan kepada Pemerintah Desa (Pemdes) diharapkan bisa membantu warga terkena atau terdampak musibah bencana.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Tegal Umi Azizah saat meninjau korban rumah roboh akibat guyuran hujan di Desa Kramat Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, Kamis (18/4/2019).

“Karena, jika hanya bantuan dari dana Bazda maupun Pemkab Tegal tentu belum cukup. Untuk itu, bantu korban dengan mengalokasikan dana desa, musyawarahkan bersama masyarakat. Insya Allah masyarakat sekitar tidak keberatan,” kata Umi usai memberikan bantuan.

Menurut korban terdampak musibah, Kasnari, kejadian bermula saat hujan deras mengguyur Desa Kramat pada 7 April 2019 lalu.

Faktor lain yang juga memicu robohnya rumah, katanya, dikarenakan kondisi bangunan sudah tua.

“Waktu itu hujan sangat deras. Tiba-tiba sekitar pukul 01.00 rumah yang saya ditempati sejak 1980 ini, roboh,” tandas Kasnari.

Melihat kondisi korban yang sudah lansia serta tidak memiliki pekerjaan tetap ini, Bupati Tegal mengimbau kepada kepala desa (kades) setempat untuk segera bergerak cepat agar korban dapat memperoleh tempat tinggal yang layak.

“Semoga bantuan dari Bazda yang Rp 15 juta juga dapat meringankan beban dan membantu korban untuk mendirikan rumah kembali,” ucap Umi.

Selain memberikan bantuan di Desa Kramat, Bupati Umi juga memberikan bantuan yang sama kepada korban rumah roboh di Desa Plumbungan, Kecamatan Kramat.

Serta memberikan bantuan ke korban rumah kebakaran di Desa Sigedong Kecamatan Bumijawa dan Desa Suniarsih Kecamatan Bojong, masing-masing Rp 15 juta. (Akhtur Gumilang)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved