Pemkab Brebes Terima Bantuan Gubernur pada 2019 Senilai Rp 51,9 Miliar

Pemkab Brebes kembali menerima Bantuan Gubernur (Bangub) Jawa Tengah pada 2019 ini.

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Pemkab Brebes kembali menerima Bantuan Gubernur (Bangub) Jawa Tengah pada 2019 ini. Bahkan, besaran Bangub 2019 untuk Brebes mengalami kenaikan dibanding tahun lalu.

Bupati Brebes, Idza Priyanti mengatakan, Bangub yang diterima pada 2019 ini totalnya mencapai Rp 51,9 miliar. Sedangkan pada 2018 lalu, Bangub yang diterima sebesar Rp 37,6 miliar.

"Kami berterimakasih atas bantuan yang diberikan Pemprov Jateng kepada Pemkab Brebes. Semoga adanya bantuan ini bisa memeratakan pembangunan di Brebes," katanya, Kamis (18/4/2019).

Idza merinci, Bangub yang diterima di antranya untuk peningkatan jalan Desa Pasarbatang sampai Desa Tengki senilai Rp 5 miliar, bantuan pengadaan dan pemasangan penerangan jalan umum Rp 2 miliar, bantuan pengadaan alat kedokteran untuk RSUD Kabupaten Brebes Rp 9,32 miliar, bantuan peningkatan ketahanan masyarakat Rp 25 juta.

Kemudian, bantuan rumah tidak layak huni (RTLH) untuk 292 desa di Kabupaten Brebes Rp 8,76 miliar, Kartu Jateng Sejahtera (KJS), bantuan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah Rp 50 juta, bantuan sarana angkut pengelolaan sampah untuk Desa Banjarharjo Rp 497 juta.

Bantuan CSR RTLH dari Bank BKK Banjarharjo Brebes 15 juta, bantuan dana sosial dari Bank Jateng untuk biaya perlindungan 120 ribu pekerja rentan melalui program BPJS Ketenagakerjaan Rp 2,016 miliar.

Bantuan Dana Sosial RTLH dari PDAB Tirta Utama Provinsi Jawa Tengah Rp 30 juta, bantuan sosial dari Gubernur Jawa Tengah Stimulan Jamban Sehat (SJS) Rp 700 ribu.

Bantuan bagi Kelompok Tani Jaya untuk Desa Siasem Wanasari Rp 45,62 juta dan bantuan Hibah bidang pendidikan keagamaan MTS Al Ikhlas Negarayu, Tonjong Rp 105 juta, serta bantuan dari Pemprov Jateng bagi PUPM untuk Gapoktan Mekar Jaya Desa Sukareja Banjarharjo Brebes Rp 60 juta.

Bangub tersebut diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Brebes, Senin (15/4/2019) kemarin.

Ganjar mengatakan, bantuan tersebut merupkan bentuk komitmen pihaknya dalam membangun wilayah di Kabupaten Brebes. Dengan harapan, pembangunan di Brebes bisa terus berkembang.

"Saya harap bantuan ini bisa digunakan dengan sebaik-baiknya," kata Ganjar.

Penulis: m zaenal arifin
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved