Video Kodim Bantu Petani di Pekalongan Genjot Produktivitas Padi di Tengah Keterbatasan Lahan

Sekitar 10 tahun lalu, luasan lahan sawah di Kabupaten Pekalongan sekitar 26 ribu hektare, namun kini hanya ada 22 ribu hektare.

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Sekitar 10 tahun lalu, luasan lahan sawah di Kabupaten Pekalongan sekitar 26 ribu hektare. Namun, saat ini luasan lahan sawah di Kabupaten Pekalongan, sekitar 22 ribu hektare. Artinya, dalam satu dekade, luasan lahan sawah di Kabupaten Pekalongan berkurang sekitar empat ribu hektare.

Oleh karena itu, inovasi dan terobosan harus dilakukan agar dengan luasan lahan yang terbatas ini, produktivitas tanaman padinya bisa meningkat. Salah satu inovasi yang dilakukan oleh Kodim 0710 Pekalongan bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pekalongan adalah membuat demplot sawah atau lahan percontohan dengan inovasi pupuk Wijayakusuma Nutrision di Desa Tanjungsari, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Dengan inovasi pupuk baru ini diharapkan produktivitas tanaman padinya meningkat. Panen raya lahan sawah demplot itu dilakukan oleh jajaran Kodim 0710 Pekalongan, Selasa (16/4/2019). Kepala DKPP Kabupaten Pekalongan, Siswanto, menyatakan, mulai tahun 2015 semua pihak berupaya untuk menjaga ketahanan pangan secara nasional, sehingga ada MoU antara TNI dan Kementerian Pertanian. (*)

Kodim Bantu Petani di Pekalongan Genjot Produktivitas Padi di Tengah Keterbatasan Lahan

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved