Peringati Hari Kartini, Umi Gaungkan 'The Power Of Emak Emak'

Bupati Tegal, Umi Azizah mulai menggaungkan istilah the power of emak-emak.

Peringati Hari Kartini, Umi Gaungkan 'The Power Of Emak Emak'
TRIBUN JATENG/AKHTUR GUMILANG
Peringatan Hari Kartini Ke-140 Tingkat Kabupaten Tegal Tahun 2019, di Pendopo Amangkurat Pemkab Tegal, Sabtu (20/4/2019) pagi. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Bupati Tegal, Umi Azizah mulai menggaungkan istilah the power of emak-emak.

Hal itu diungkapkannya saat rangkaian Peringatan Hari Kartini Ke-140 Tingkat Kabupaten Tegal Tahun 2019, di Pendopo Amangkurat Pemkab Tegal, Sabtu (20/4/2019) pagi.

Dia menyebut, bahwa kini perempuan merupakan tokoh sentral yang memiliki daya kekuatan dan kapasitas luar biasa dalam membentuk karakter bangsa.

Sebut saja, kata Umi, beberapa tokoh kaum perempuan dalam pembangunan Indonesia, seperti Walikota Surabaya Tri Rismaharini yang banyak memberikan pengaruh perubahan dalam tata kelola pemerintahan daerah modern.

Kemudian, ada pula Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang dikenal tegas menjaga kedaulatan perairan Indonesia dari aksi pencurian ikan oleh asing.

"Dengan satu kata komandonya 'Tenggelamkan'.

Istilah the power of emak-emak ini merupakan neologisme baru.

Itu berkat nilai-nilai perjuangan dan kepeloporan Raden Adjeng Kartini," ujar Umi dalam acara, Sabtu (20/4/2019).

Umi berharap seluruh pemangku kepentingan ikut terlibat memberikan perhatian dan pengakuan tentang pentingnya eksistensi perempuan dalam peningkatan kualitas hidup keluarga.

“Sebagai pondasi membangun keluarga yang sejahtera, yang pada gilirannya akan membawa pengaruh positif bagi terwujudnya Kabupaten Tegal yang maju dan berdikari,” harapnya.

Sementara, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tegal, Sisca Zulistia Ardie pun berharap dengan acara peringatan Hari Kartini ini, kaum perempuan mampu menciptakan diri sendiri sebagai Kartini zaman sekarang.

"Sebagai wanita cerdas, berdedikasi bagi keluarga maupun masyarakat sekitar.

Dengan semangat Kartini juga mari kita jalin persatuan dan kesatuan tanpa membedakan suku, ras dan agama,” ucapnya. (Gum)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved