Beberapa SMP di Brebes Terpaksa Pinjam Komputer Agar Bisa Menggelar UNBK

Ratusan SMP negeri dan swasta di Kabupaten Brebes telah bersiap menjalankan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan digelar mulai Senin

Beberapa SMP di Brebes Terpaksa Pinjam Komputer Agar Bisa Menggelar UNBK
TRIBUN JATENG/M NAFIUL HARIS
Ilustrasi - Peserta UNBK SMA Negeri 1 Salatiga serius mengerjakan soal-soal ujian di sekolah mereka, Senin (1/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Ratusan SMP negeri dan swasta di Kabupaten Brebes telah bersiap menjalankan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan digelar mulai Senin (22/4/2019).

Salah satu persiapan yang dilakukan yaitu penyediaan sarana komputer untuk bisa mengerjakan berbagai soal UN.

Beberapa sekolah bahkan harus meminjam komputer dari sekolah lain agar UNBK berjalan lancar dan tidak membebani orang tua peserta didik.

Di antaranya yang dilakukan SMP Negeri 1 Jatibarang, Brebes. Sekolah tersebut memilih untuk meminjam komputer pada pihak ketiga. Dari total kebutuhan komputer sebanyak 106 unit, SMP Negeri 1 Jatibarang hanya memiliki 71 unit komputer.

"Kami tidak ingin membebani siswa untuk pengadaan komputer. Saat ini kami hanya memiliki 71 unit, jadi kami harus meminjam dari pihak ketiga selama pelaksanaan UNBK," kata Kepala SMP Negeri 1 Jatibarang, Sri Yuliati, Minggu (21/4/2019).

Ia memaparkan, persiapan di sekolahannya sudah dilakukan secara maksimal. Hanya saja fasilitas komputer belum lengkap. Pasalnya, dari total 316 peserta didik peserta UN, setidaknya membutuhkan 106 unit komputer.

"Jumlah itu terdiri dari peserta didik SMPN 1 Jatibarang sebanyak 306 orang dan 10 peserta didik dari SMP terbuka," ujarnya.

Serupa dilakukan SMP Negeri 2 Jatibarang. Kepala SMP Negeri 2 Jatibarang, Idi Fitriyadi mengatakan, seluruh siswa yang akan ikut UNBK sebanyak 309 siswa.

Untuk menggelar UNBK mandiri pihaknya membutuhkan 103 unit komputer. Padahal, saat ini jumlah komputer yang dimiliki hanya 54 unit saja.

"Kurangnya kami pinjam dari SMAN 1 Jatibarang 30 unit dan sisanya pinjam dari siswa. Biar tidak memberatkan siswa kami lebih baik pinjam," kata Idi Fitriyadi.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved