Bank Daerah Pati Akan Berubah Status Jadi PT, Ini Penjelasan Bupati Haryanto

Bupati Pati, Haryanto menjelaskan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perseroan Terbatas BPR Bank Daerah Pati (Perseroda)

Bank Daerah Pati Akan Berubah Status Jadi PT, Ini Penjelasan Bupati Haryanto
IST
Bupati Pati Haryanto memberikan penjelasan mengenai Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perseroan Terbatas BPR Bank Daerah Pati (Perseroda) dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pati, Senin (22/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Bupati Pati, Haryanto menjelaskan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perseroan Terbatas BPR Bank Daerah Pati (Perseroda) dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pati, Senin (22/4/2019).

Haryanto menyampaikan, pembentukan Perseroda merupakan amanat Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 yang telah diubah beberapa kali sampai pada Undang - undang No.9 tahun 2015 tentang pemerintahan daerah, sesuai yang diatur dalam bab 12 pasal 331.

"Dalam ayat 1, dijelaskan bahwa daerah dapat menbentuk BUMD.

Ayat 2, pendirian BUMD sebagaimana yang dimaksud pada ayat 1 ditetapkan oleh Perda," jelasnya.

Haryanto melanjutkan, dalam ayat 3, BUMD sebagaimana yang dimaksud dalam ayat 1 berdiri atas perusahaan umum daerah dan Perusahaan Perseroan Daerah.

Dengan adanya undang-undang tersebut, maka Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), yang berbentuk perusahaan daerah (PD) perlu diubah badan hukumnya menjadi Perseroan Terbatas.

"PD BPR Bank Daerah Pati yang dibentuk oleh Perda Kabupaten Pati nomer 17 tahun 2007, sebagaimana diubah dengan Perda Kabupaten Pati nomer 15 tahun 2014, dengan perantara peraturan daerah ini maka berubah menjadi PT BPR Bank Daerah Pati," ujarnya.

Haryanto mengatakan,  berubahnya perusahaan daerah menjadi perseroan terbatas, diharapkan selain memenuhi amanat undang-undang, PT BPR Bank Daerah Pati dapat semakin meningkatkan kinerjanya sehingga dapat menjadi BPR yang tidak hanya menjadi andalan di Pati, melainkan juga sering mendapat penghargaan di tingkat nasional.

"PT BPR Bank Daerah Pati juga diharapkan selalu memberi kontribusi berupa deviden kepada Pemerintah Kabupaten Pati dan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun secara signifikan," pungkasnya. (mzk)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved