Korban Bertambah Lagi, Siti Keguguran Setelah Kelelahan Bertugas di TPS

Seorang petugas pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) di Kabupaten Pekalonga, mengalami keguguran diduga kelelahan.

Korban Bertambah Lagi, Siti Keguguran Setelah Kelelahan Bertugas di TPS
TRIBUN JATENG/INDRA DWI PURNOMO
Nur Anis Kurlia Komisioner Bawaslu Kabupaten Pekalongan (tengah) menjenguk Siti Kuzaimah (kiri) petugas Panwas yang mengalami keguguran di RSUD Kraton, Senin (22/04/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Seorang petugas pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, mengalami keguguran diduga kelelahan melakukan pengawasan pemilu 2019.

Petugas PTPS Desa Wiradesa, Kecamatan Wiradesa bernama Siti Kuzaimah (27) Pengawas TPS 01 Desa Wiradesa, Kabupaten Pekalongan harus dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kraton karena mengalami pendarahan.

Dia melakukan pengawasan sejak Rabu (17/4/2019) pagi, hingga malam hari.

"Pada hari Kamis dia mengalami flek (bercak darah di bagian kelamin) kemudian kondisinya tidak kuat akhirnya harus di bawa ke rumah sakit,"kata salah satu komisioner Bawaslu Kabupaten Pekalongan Nur Anis Kurlia saat ditemui Tribun Jateng usai menjenguk anggota Panwas yang mengalami keguguran di RSUD Kraton, Senin (22/4/2019) siang.

Nur menjelaskan kondisi Siti pada hari Jumat (19/04/2019) mengalami drop dan harus segera dikeluarkan bayinya.

Akhirnya bayi berjenis perempuan dengan berat enam ons itu dikeluarkan karena Siti mengalami pendarahan beratpada hari Jumat (19/04/2019).

Namun ia mendapatkan informasi dari petugas Panwascam pada hari Sabtu (20/04/2019), anak Siti meninggal dunia.

“Saya ikut prihatin atas musibah ini.

Saat direkruit kondisinya sehat dan mau serta bersedia menjadi petugas TPS,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Bawasu memberikan tali asih dari hasil iuran sukarela dari Komisioner Bawaslu pasalnya yang bersangkutan belum memiliki BPJS dan masih diupayakan Jamkesda.

“Kami melakukan pendampingan pada Siti Kuzaimah.

Bagaiamanapun juga dia adalah pejuang demokrasi sebagai pengawas TPS,” ungkapnya.

Nur juga menambahkan di wilayah Kabupaten Pekalongan sendiri ada empat anggota Panwas yang drop kelelahan namun hanya Siti Kuzaimah yang terpaksa dilakukan opname di rumah sakit.

"Tiga orang Panwas yang mengalami kelelahan saat bertugas yaitu dua orang di Kecamatan Wonokerto dan satu orang di Kecamatan Tirto, mereka sekarang menjalani rawat jalan" imbuhnya. (Dro)

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved