DPRD Batang Sepakat Rekomendasi LKPJ Bupati Anggaran 2018

DPRD Kabupaten Batang sepakat memberikan rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) akhir tahun anggaran 2018.

DPRD Batang Sepakat Rekomendasi LKPJ Bupati Anggaran 2018
IST
Sidang paripurna penyampaian rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) akhir tahun anggaran 2018, Selasa (23/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - DPRD Kabupaten Batang sepakat memberikan rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) akhir tahun anggaran 2018.

Rekomendasi ini dibacakan pada Sidang Paripurna, Selasa (23/4/2019).

Rekomendasi yang dibacakan oleh Sekertaris DPRD Kabupaten Batang Nur Hasiyah itu mencakup lima hal yang merupakan gambaran umum tentang hasil pelaksanaan dari berbagai program pelaksaanan kegiatan yang telah dimuat oleh Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Lima hal itu di antaranya arah kebijakan umum pemda, pengelolaan keuangan daerah, penyelenggaraan urusan desantralisasi, penyelenggaraan tugas pembantuan, dan penyelenggaraan tugas umum pemerintahan.

Secara keseluruhan Nur Hasiyah memaparkan capaian kinerja Pemerintah Daerah dengan melihat kondisi realitas di lapangan.

"Tujuan rekomendasi DPRD atas LKPJ ini untuk memberikan saran, masukan dan koreksi dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah untuk meningkatkan kinerja pemerintah daerah yang lebih baik dan akuntabel," ujar Nur Hasiyah dalam rilis.

Disampaikannya beberapa kemajuan pembangunan maupun kelemahan atau kekurangan dalam implementasi kebijakan pembangunan dijadikan Panitia Khusus sebagai evaluasi dalam memberikan rekomendasi berupa catatan-catatan strategis terhadap kinerja tersebut.

Bupati Batang yang hadir diwakili oleh Wakil Bupati Suyono menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi kinerja dari para anggota DPRD Kabupaten Batang atas berbagai tanggapan dan masukannya.

"Hasil rekomendasi ini nantinya akan kami jadikan pemacu semangat Pemerintah Daerah untuk menuju kearah yang lebih baik lagi mulai dari pelayanan masyarakat maupun dalam penggunana anggaran," ujarnya.

Ia juga menyampaikan ke depan pihaknya akan membangun komitmen untuk mengkaji seluruh catatan startegis yang disampaikan legeslatif guna ditindak lanjuti secara mekanisme dan sesuai peraturan perundang-undangan.

Hal itu untuk menigkatkan kinerja dan program kegiatan Pemerintah Daerah ditahun berikutnya serta mengatasi berbagai kendala yang bersifat internal.

"Saya meyakini rekomendasi dari DPRD merupakan tanggung jawab dalam menjalankan fungsi kontrol sosial dan saran yang kontruksif dalam kontek penyempurnaan guna keberhasilan penyelenggaraan Pemerintahan" ujarnya

Suyono berharap kerjasama dan kemitraan antara Pemerintah Daerah dengan DPRD Kabupaten Batang yang telah terjalin selama ini tetap berjalan dengan baik terlebih untuk menemukan bentuk ideal yang bisa membawa manfaat untuk kemajuan Kabupaten Batang di masa mendatang.

"Keharmonisan antara legislatif, yudikatif serta seluruh element masyarakat merupakan kunci keberhasilan untuk terwujudnya Kabupaten Batang yang harmonis, energik, berdaya saing, dan tentram pada tahun 2022,"pungkasnya. (din)

Penulis: dina indriani
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved