Lahirkan Wirausahawan Muda, 1.300-an Pelajar Temanggung Ikuti Kelas Motivator Muda Syafii Efendi

Gemuruh suara dari seribuan lebih pelajar/mahasiswa pecah ketika motivator muda Syafii Efendi memasuki gedung Narwastu, Temanggung, Selasa (23/4/2019)

Lahirkan Wirausahawan Muda, 1.300-an Pelajar Temanggung Ikuti Kelas Motivator Muda Syafii Efendi
TRIBUN JATENG/YAYAN ISRO ROZIKI
Motivator dan pengusaha muda, Syafii Efendi, berbicara di hadapan sekitar 1.300-an pelajar/mahasiswa di Temanggung, Selasa (23/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG - ‎Gemuruh suara dari seribuan lebih pelajar/mahasiswa pecah ketika motivator muda Syafii Efendi memasuki gedung Narwastu, Temanggung, Selasa (23/4/2019).

Mereka tampak antusias menyambut kehadiran Syafii yang mengenakan setelan kaus, jas, dan celana berwarna senada: putih.

Satu di antaranya adalah Indah Lutfiana, siswi Kelas XI SMAN 2 Temanggung.

Indah mengaku tertarik mengikuti seminar motivasi ‎tingkat nasional character building 'How To Be Young Enterpreneur and World Class Leader', agar 'tertular' sukses menjadi wirausaha di usia belia.

"Sudah ada keinginan untuk jadi wirausaha sejak belia, tapi masih bingung gambaran konkretnya seperti apa. Ikut ini, belajar biar ada gambaran dan semangat, pengen ketulan sukses jadi pengusaha di usia muda," tutur gadis berkerdung itu.

Pendukung Jokowi dan Prabowo di Temanggung Saling Rekonsiliasi Pascapemilu Melalui Lomba Mancing

Diakui, ia mengikuti kegiatan itu tak gratis. Untuk dapat mengikuti seminar motivasi itu, Indah harus merogoh kocek hingga Rp100.000.

"Uang buat ikut ini ambil dari tabungan. Tiap hari, saya sisihkan uang saku untuk ditabung‎," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Syafii Efendi, mengatakan ekonomi Indonesia ‎saat ini tidak aman-aman banget.

Menurutnya, menatap iklim ekonommi secara pesimis tak boleh, tapi di sisi lain optimisme tinggi tanpa aksi merupakan omong kosong.

"Baru-baru ini gaji pegawai negeri sipil (PNS) naik lima persen, APBN kita sudah berat untuk menggaji PNS‎. Selama ini banyak kaum muda yang sedari awal bercita-cita jadi PNS, nah mindset ini yang harus direvolusi sejak dini, dari akar bawah. Ketika nanti lulus kuliah mindsetnya bukan lagi pengen jadi PNS, tapi jadi pengusaha yang bisa menciptakan dan menyerap banyak tenaga kerja," urainya.

Halaman
123
Penulis: yayan isro roziki
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved