Tak Sesuai Data C1, Bawaslu Batang Rekomendasi Penghitungan Suara Ulang di 7 PPK

Rekomendasi tersebut diberikan pada saat pengawasan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilu tahun 2019 di tingkat Kecamatan

Tak Sesuai Data C1, Bawaslu Batang Rekomendasi Penghitungan Suara Ulang di 7 PPK
Tribunjateng.com/Dina Indriani
Penghitungan suara ulang di TPS 5 Desa Selokarto Kecamatan Pecalungan, Senin (22/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Batang, melalui Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) memberikan rekomendasi kepada PPK untuk melakukan penghitungan Suara ulang Pemilu 2019.

Rekomendasi tersebut diberikan pada saat pengawasan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilu tahun 2019 di tingkat Kecamatan.

Pasalnya, dari hasil pengawasan Panwaslu Kecamatan, pada saat pembacaan formulir C.1 hologram oleh PPK ditemukan adanya ketidak sesuaian data antara formulir C.1 hologram dengan salinan C.1 yang diberikan kepada Pengawas Pemilu.

"Ketidaksesuaian data tersebut antara lain salah Input Data (penulisan di salinan Formulir C1), tidak singkronnya antara Pengguna Hak Pilih dengan Perolehan Suara Sah ataupun tidak sah," terang Divisi Pengawasan Humas dan Hubal, Mahbrur, Selasa (23/4/2019).

Mahbrur mencontohkan penghitungan suara ulang yang terjadi adalah di TPS 5 Desa Selokarto Kecamatan Pecalungan, dimana di dalam Sertifikat Formulir C.1 hologram terdapat selisih antara jumlah suara sah dan tidak sah dengan pengguna hak pilih.

Atas temuan tersebut, Panwaslu Kecamatan Pecalungan merekomendasikan kepada PPK Kecamatan Pecalungan untuk membuka C.1 Plano guna dicocokkan dengan sertifikat Formulir C.1 hologram.

"Dari hasil pencocokan antara C.1 Plano dengan yang tertulis di Sertifikat Form C1 ternyata sama," ujarnya.

Dari penghitungan suara ulang ditemukan adanya surat suara yang menumpuk atau ada lipatan double dengan surat suara yang lain.

"Proses penghitungan suara ulang ini merupakan salah satu bentuk kejadian khusus dan oleh PPK kecamatan Pecalungan dituangkan di dalam catatan khusus rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di tingkat kecamatan (form model DA2-KPU)," jelasnya.

Mahbrur mengungkapkan bahwa permasalahan yang terjadi pada Pemilu 2019 ini tidak hanya penghitungan suara ulang, bahkan yang paling banyak terjadi adalah salah input data, namun rata – rata dapat selesai dengan membuka C.1 Plano.

Dari hasil pengawasan rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilu tahun 2019 di tingkat Kecamatan, sampai pada hari ke tiga (tanggal 22 April 2019) proses Penghitungan Suara Ulang terjadi di 7 TPS.

Persebaran 7 TPS tersebut yaitu pada 2 TPS di Kecamatan Pecalungan, 1 TPS di Kecamatan Bawang, 2 TPS di Kecamatan Blado, 1 TPS di Kecamatan Gringsing dan 1 TPS di Kecamatan Subah.

Mahbrur berharap semua permasalahan selesai di tingkat rekap kecamatan / PPK, hal itu sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum ( PKPU ) Nomor 4 Tahun 2019 pasal 22 Ayat 1 yang berisi saksi atau Panwaslu Kecamatan dapat mengajukan keberatan terhadap prosedur atau selisih Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Kepada PPK.

"Apabila terdapat sesuatu hal yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan panwaslu maupun saksi bisa segera ajukan keberatan," pungkasnya. (din)

Penulis: dina indriani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved