ASAL USUL

Asal Usul Nama Desa Singopadu di Sragen, Ternyata Begini Ceritanya

Namun apa jadinya jika nama tersebut tidak lazim, jarang terdengar atau unik, seperti sebuah nama desa di Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Sragen ini.

Asal Usul Nama Desa Singopadu di Sragen, Ternyata Begini Ceritanya
TRIBUN JATENG/MAHFIRA PUTRI MAULANI
Warga melintasi Kantor Kepala Desa Singopadu, Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN - Nama tentu menjadi sesuatu yang mutlak di dunia ini, karena dapat menjadi identitas untuk mengenali sesuatu.

Namun apa jadinya jika nama tersebut tidak lazim, jarang terdengar atau unik, seperti sebuah nama desa di Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Sragen ini.

Desa Singopadu, sebuah desa yang mayoritas penduduknya bermatapencaharian petani ini cukup unik dan jarang terdengar. Kemunculan nama Desa Singopadu sendiri memiliki latarbelakangi oleh sebuah peristiwa.

Kepala Desa Singopadu Heru Tarwoco (43) mengatakan nama Singopadu berawal dari nama Kepala Desa Singopadu pertama yaitu Singo Menggolo.

"Cerita yang saya dengar, dulu kepala desanya bernama Singo Menggolo entah tahun berapa tidak ada yang tahu," ujar Heru kepada Tribunjateng.com, Rabu (24/4/2019).

"Kalau untuk kata "padu"nya sendiri artinya perpaduan antara beberapa dukuh-dukuh di daerah sini, jadi digabung oleh Mbah Singo waktu itu menjadi Singopadu," lanjutnya.

Heru mengaku mendapat cerita dari warga terdahulu mengenai penamaan nama-nama dukuh di Desa Singopadu.

Penamaan dukuh di Singopadu sendiri memiliki cerita, bahwasannya dulu ada harimau atau Singo dari banyuning.

"Dukuh banyuning sendiri memiliki makna air bening atau air jernih, kemudian singa itu lari ke desa mojorejo, dulu mojorejo itu ramai sekali seperti pusatnya, lalu lari lagi menuju ke Singopadu ini," jelas Heru.

"Setelah di Singopadu tempat tinggal mbak Singo Menggolo ini singanya lari lagi di daerah Plasan sampai kencengnya harimau itu lari kalau orang jawa manggilnya "plas" itu cepet sehingga di panggil Dukuh Plasan," lanjutnya.

Hingga menurut cerita singa itu kehausan dan berhenti di sumber air dan dinamai Dukuh Sumber. Menurut cerita yang beredar Singa tersebut hilang di Dukuh Sumber. (uti)

Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved