Bawaslu Rekomendasikan PSU Satu TPS di Kabupaten Pekalongan

Bawaslu Kabupaten Pekalongan telah mengirim rekomendasi untuk melakukan pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 07, Kelurahan Bener, Kecamatan Wiradesa

Bawaslu Rekomendasikan PSU Satu TPS di Kabupaten Pekalongan
TRIBUN JATENG/INDRA DWI PURNOMO
Anggota Bawaslu Kabupaten Pekalongan, Wahyudi Sutrisno menunjukkan surat rekomendasi pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 07, Kelurahan Bener, Kecamatan Wiradesa, di Kantor Bawaslu, Rabu (24/4/2019). Tribunjateng/Indra Dwi Purnomo 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Bawaslu Kabupaten Pekalongan telah mengirim rekomendasi untuk melakukan pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 07, Kelurahan Bener, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan.

Hal tersebut disampaikan Anggota Bawaslu Kabupaten Pekalongan, Wahyudi Sutrisno, di kantornya, Rabu (24/4/2019) sore

Menurut Wahyudi, rekomendasi tersebut dikeluarkan atas dasar temuan petugas Bawaslu Kabupaten Pekalongan di TPS 07 Kelurahan Bener terdapat pemilih dari luar daerah yang menggunakan hak pilihnya di TPS tersebut.

"Rekomendasi PSU disebabkan karena adanya tiga pemilih yang berasal dari luar Kabupaten Pekalongan yang tidak termasuk dalam DPT, maupun DPTb (Daftar Pemilih Tambahan) dan DPK (Daftar Pemilih Khusus atau pemilih yang menggunakan KTP elektronik sesuai alamat domisili).

Pemilih luar daerah tersebut hanya menggunakan KTP elektronik serta tidak membawa form A5.

Padahal, syarat masuk dalam daftar pemilih khusus adalah masyarakat di daerah tersebut atau ber-KTP atau berdomisili di daerah tersebut," Kata Wahyudi kepada Tribunjateng.com.

Wahyudi mengatakan, kejadian itu diketahui saat dilakukan rekapituasi tingkat kecamatan di Wiradesa.

Saat rekapitulasi, TPS 7 tersebut ada selisih data di DPK.

"Temuan dari Bawaslu di TPS 07 Kelurahan Bener, Wiradesa terdapat 10 orang yang masuk dalam daftar pemilih khusus (DPK).

Tiga orang diantaranya merupakan warga luar daerah, dua orang dari Poncol, Kota Pekalongan, satu orang dari Mojokerto,Jawa Timur," jelasnya.

Halaman
123
Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved