Dinkes Jateng Rencanakan Bentuk Tim Inti Pengoperasian Penanggulangan Bencana

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah berencana membentuk tim inti terkait pengoperasionalan penanggulangan bencana di Jawa Tengah

Dinkes Jateng Rencanakan Bentuk Tim Inti Pengoperasian Penanggulangan Bencana
TRIBUN JATENG/IDAYATUL ROHMAH
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dr. Yulianto Prabowo M.Kes memberikan sambutan dalam acara "Pertemuan Peningkatan Kapasitas TGC dalam Penanganan Bencana/KLB Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah" di Hotel Harris, yang berlangsung sejak Selasa (23/04/2019) hingga Kamis (25/04/2019). TRIBUNJATENG / IDAYATUL ROHMAH 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah berencana membentuk tim inti terkait pengoperasionalan penanggulangan bencana di Jawa Tengah.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, dr Yulianto Prabowo, M.Kes menuturkan, hal itu untuk mendukung Tim Gerak Cepat (TGC) dalam menanggulangi krisis kesehatan di Jawa Tengah baik prabencana, bencana, maupun pascabencana.

"Ini agar tidak hanya masalah bencana yang ditangani, tapi tim gerak cepat juga menangani yang selama ini masuk laporan Pak Gubernur," jelas Yulianto saat Pertemuan Peningkatan Kapasitas TGC dalam Penanganan Bencana/KLB Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah di Hotel Harris, yang berlangsung sejak Selasa (23/04/2019) hingga Kamis (25/04/2019).

Menurut Yulianto, reaksi cepat atau gerak cepat tidak hanya dibutuhkan saat terjadi bencana saja.

Lebih dari itu, reaksi cepat juga dibutuhkan dalam bencana sosial, yang memiliki keterkaitan langsung dengan masyarakat.

Misalnya, laporan masyarakat yang terkena sakit hingga membutuhkan pembiayaan, jaminan dan lain-lain.

Menurutnya, tim reaksi cepat dapat membantu mengupayakan atau mengatasi masalah tersebut secara langsung dengan mendatangi masyarakat.

"Ini bukan gawat bukan darurat, tapi terkait sosial.

Kalau kita tunggu bencana mungkin tidak pernah ada atau ada jarang.

Mungkin bencana sosial banyak sekali.

Halaman
12
Penulis: Idayatul Rohmah
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved