Imunisasi Masih Menjadi Cara Jitu Cegah Penularan Penyakit pada Anak

Imunisasi saat ini masih menjadi satu-satunya cara pemerintah untuk mengatasi masalah kesehatan pada anak.

Imunisasi Masih Menjadi Cara Jitu Cegah Penularan Penyakit pada Anak
ISTIMEWA
Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr. Fitri Hartanto, Sp.A(K) saat menjadi narasumber di Radio Prambors bersama dr. Anastasia Tri Yuli Susanti, MH, Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Jateng, Rabu (24/04/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Imunisasi saat ini masih menjadi satu-satunya cara pemerintah untuk mengatasi masalah kesehatan pada anak.

Disampaikan Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr. Fitri Hartanto, Sp.A(K), anak yang tidak diberikan vaksinasi memiliki resiko lebih besar untuk menularkan penyakit kepada anak lain.

Sehingga menurutnya, imunisasi penting dilakukan untuk menekan angka penularan penyakit.

"Kalau sehat imun maka angka penularan itu bisa ditekan sehingga angka kesakitannya pun akan bisa diturunkan, termasuk angka kematian," jelasnya usai menghadiri acara di Radio Prambors bersama dr. Anastasia Tri Yuli Susanti, MH, Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Jateng, Rabu (24/04/2019).

Di Jawa Tengah sendiri, lanjutnya imunisasi belum dapat dilaksanakan 100 persen.

Sampai saat ini, jelasnya, angka cakupan imunisasi di Jawa Tengah mencapai sekitar 95 persen sehingga ia mengharapkan nantinya akan mencapai 100 persen.

"Ini sangat positif untuk upaya pemerintah mencegah penyakit itu dalam kaitannya dengan cakupan lebih dari 95 persen. Kita harapkan sehat imun terjadi," paparnya.

Ia menjelaskan, ada beberapa alasan terkait belum menyeluruhnya vaksinasi.

Satu di antaranya adalah beberapa orang tua yang belum memahami manfaat atau tujuan imunisasi sehingga belum bisa menerima jika anaknya divaksin.

"Hanya beberapa orang tua yang memang masih perlu kita berikan pemahaman bahwa seorang anak untuk bisa tumbuh optimal diharapkan tidak sering sakit. Untuk mencegah penyakit maka perlu diberikan nutrisi, pola hidup bersih dan sehat serta menyiapkan anak agar memiliki daya tahan tubuh," paparnya. (idy)

Penulis: Idayatul Rohmah
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved