Tukimin Klaim 98 Persen Buruh di Purbalingga Dibayar Sesuai UMK

Di lain sisi, menjelang Ramadhan dan Lebaran, sudah ada rumusan aturan tentang pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR)

Tukimin Klaim 98 Persen Buruh di Purbalingga Dibayar Sesuai UMK
Istimewa
Pelayanan di kantor Disnaker Purbalingga. 

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja (Dinnaker) Kabupaten Purbalingga, Tukimin mengklaim, sebanyak 98 persen pekerja di Kabupaten Purbalingga sudah dibayar sesuai Upah Minimum Kabupaten (UMK) Purbalingga, sebesar Rp 1.788.500.

Tukimin mengatakan, perusahaan yang ada di Purbalingga telah mematuhi aturan dengan membayarkan upah pekerja sesuai dengan UMK. Imi cukup beralasan. Menurut dia, perusahaan akan merasa takut dikenai sangsi apabila tidak membayarkan upah pekerja sesuai dengan yang sudah ditetapkan.

“Sudah 98% pekerja kita dibayar sesuai dengan UMK. Aturannya sudah jelas makanya para pengusaha tidak mau bermain-main dengan aturan itu,” kata Tukimin.

Adapun sisa 2 persen pekerja yang belum dibayar sesuai UMK, menurut dia, disebabkan sejumlah faktor. Satu di antaranya, pekerja tersebut berstatus sebagai pekerja baru sehingga belum ada penyesuaian upah. Ia pun meminta para pengusaha untuk membimbing para pekerja baru tersebut agar semakin terampil sehingga bisa memenuhi ekspektasi yang diharapkan perusahaan.

Di lain sisi, menjelang Ramadhan dan Lebaran, sudah ada rumusan aturan tentang pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR).

Tukimin menuturkan, aturan pemberian THR tidak akan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu maksimal H-7 Lebaran THR sudah harus dibayarkan.

Pihaknya akan melakukan sosialisasi dan inspeksi ke perusahaan tentang THR itu pada hari ke delapan Ramadan mendatang.

“Hari ke delapan puasa nanti kita mutar ke perusahaan yang ada di Purbalingga untuk sosialisasi tentang THR yang harus dibayarkan H-7 Lebaran,” katanya. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved