Jadi Pembicara di IAIN Kudus, Wakil Bupati Pati: Mahasiswa Mulai Berwirausaha Meski Skalanya Kecil

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin menjadi pembicara dalam event talkshow dan pelantikan Badan Pengurus Wilayah VI Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa.

Jadi Pembicara di IAIN Kudus, Wakil Bupati Pati: Mahasiswa Mulai Berwirausaha Meski Skalanya Kecil
Istimewa
Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (kedua dari kiri) menjadi pembicara dalam event talkshow dan pelantikan Badan Pengurus Wilayah (BPW) VI Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia Wilayah Jawa Tengah di kampus IAIN Kudus, Kamis (25/4/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Wakil Bupati Pati Saiful Arifin menjadi pembicara dalam event talkshow dan pelantikan Badan Pengurus Wilayah (BPW) VI Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia Wilayah Jawa Tengah di Gedung SBSN Lantai 2 IAIN Kudus, Kamis (25/4/2019).

Dalam talkshow bertajuk "Explore Your Potential to be a Great Young Entrepreneur" tersebut, Safin, panggilan akrabnya, diminta membeberkan kiat suksesnya dalam menggeluti dunia usaha.

Sebagaimana telah jamak diketahui, selain duduk di pemerintahan Kabupaten Pati, Safin juga dikenal sebagai pengusaha di bidang gerai telekomunikasi seluler dan perhotelan.

Di hadapan para mahasiswa, Safin menyampaikan tiga prinsip yang perlu dipegang untuk meraih sukses di dunia bisnis.

"Ada tiga prinsip yang harus dipegang, yaitu kerja keras, kerja cerdas, dan usaha dimulai dari yang kecil. Nantinya, kalau ditekuni, usaha akan menjadi besar," ujar Safin.

Safin juga berpesan kepada para mahasiswa untuk tidak takut mengakses permodalan dari perbankan.

"Kalau ingin modal besar, jangan sungkan datang ke bank. Karena kalau usaha kita sudah besar nanti, pihak bank yang akan mencari kita," ungkapnya.

Tak hanya itu, tertib dan disiplin administrasi rupanya juga menjadi kiat sukses Safin dalam berwirausaha.

Dengan tips-tips wirausaha yang ia paparkan, Safin mengajak mahasiswa untuk bersama-sama menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan pemuda.

Selain Safin, dalam talkshow tersebut terdapat dua pembicara utama lain, yaitu Rully Nuryanto selaku Deputi Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UMKM dan Ersyat Qomar yang merupakan pemilik Namira Tour and Travel.

Talkshow ini diikuti oleh peserta dari berbagai kampus di Jawa Tengah dan luar Jawa. (mzk)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: suharno
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved