SPBE Sragen Ditarget Minimal Peroleh Nilai 3 Tahun Ini, Begini Upayanya

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Sragen ditargetkan mampu mencapai nilai paling sedikitnya tiga di tahun ini.

SPBE Sragen Ditarget Minimal Peroleh Nilai 3 Tahun Ini, Begini Upayanya
TRIBUN JATENG/MAHFIRA PUTRI MAULANI
Kepala Kominfo Kabupaten Sragen Yuniarti. 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN - Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Sragen ditargetkan mampu mencapai nilai paling sedikitnya tiga di tahun ini.

Target itu bahkan disampaikan pihak Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah.

Pada evaluasi 2018 yang disampaikan pada 23 April 2019, Sragen mendapatkan nilai 2,75 dari skala lima.

Diskominfo Provinsi Jawa Tengah mendapatkan indeks bagus untuk kabupaten-kota, sehingga ke depannya ingin daerah se Jawa Tengah minimal mendapatkan nilai 3.

Kepala Kominfo Kabupaten Sragen Yuniarti mengatakan, evaluasi internal sudah dilakukan khususnya mengenai TI serta administrasi dan pengelolaan.

"Setelah evaluasi kami menyusun schedule untuk mengerjakan apa yang telah dievaluasi. Kami lakukan evaluasi per bidang, per aspek, apa yang kurang, yang belum dilaksanakan, yang baik dilanjutkan dan dipertahankan yang kurang kami perbaiki," jelasnya kepada Tribunjateng.com, Kamis (25/4/2019).

Dirinya juga menyampaikan perihal penilaian dalam SPBE, mulai dari aspek kelembagaan, tata kelola, layanan, strategi dan perencanaan, teknologi informasi dan komunikasi, administrasi umum, serta pelayanan publik.

SPBE ini sebenarnya bertujuan bagaimana penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik bisa berjalan secara optimal.

Kabid Pendayagunaan Teknologi Informasi Kominfo Kabupaten Sragen Budi Yuwono mengatakan, perkembangan teknologi saat ini yang menuntut Pemda menyesuaikan zaman.

"Ini sebenarnya juga membuat Pemda tidak jauh ketinggalan dengan swasta terutama dalam pengembangan IT untuk pelayanan publik," ujarnya.

Kebijakan yang dahulu bernama e-government ini berfokus pada tujuan dalam penyelenggaraan mengoptimalkan atau memaksimalkan fungsi pelayanan publik.

Dirinya menyapaikan kabupaten sudah mempersiapkan beberapa kondisi salah satunya menyusuri master plan untuk lima tahun ke depan.

"Kami ada rencana strategis yang menjadi pijakan Kabupaten Sragen step by step guna mencapai tujuan pada 2021 menjadi kota pintar atau smart city," lanjutnya. (Mahfira Putri Maulani)

Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved