Dinkes Jateng Siapkan Program untuk Caleg Stres Agar Tak Malu Berobat ke Rumah Sakit

Terkait pelayanan kesehatan jiwa di Jawa Tengah, Dinkes Jateng akan membuat program untuk rumah sakit. Agar Caleg Stres tertarik untuk berobat

Dinkes Jateng Siapkan Program untuk Caleg Stres Agar Tak Malu Berobat ke Rumah Sakit
TRIBUN JATENG / IDAYATUL ROHMAH
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, dr. Yulianto Prabowo M.Kes usai menghadiri acara Pertemuan Peningkatan Kapasitas TGC dalam Penanganan Bencana/KLB Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah di Hotel Harris, yang berlangsung sejak Selasa (23/04/2019) hingga Kamis (25/04/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Seusai Pemilu 2019, di sejumlah daerah banyak bermunculan para calon anggota legislatif ( caleg) yang mengalami depresi.

Adanya kasus tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dr Yulianto Prabowo, mengungkapkan, pihaknya belum memiliki data terkait kasus caleg stress setelah gagal lolos menjadi anggota parlemen.

Selain itu, menurut  Yulianto Prabowo, tidak ada korelasi antara gagal menjadi Caleg dengan stres.

"Kami belum punya data apakah ada korelasi yang signifikan atau tidak. Terkait itu selama ini hanya rumor, sedangkan faktanya tidak didukung," jelasnya.

Ia melanjutkan, jika pun terjadi, para Caleg stres disarankan untuk dibawa ke rumah sakit terdekat yang menangani gangguan jiwa.

Hal itu karena menurutnya, di rumah sakit kabupaten/kota di Jawa Tengah sudah banyak yang menangani orang-orang yang terkena gangguan jiwa.

"Kalau pun terjadi, di kabupaten/kota sebagian besar juga punya dokter jiwa, jadi tidak harus ke rumah sakit provinsi," tambahnya.

Sementara terkait pelayanan kesehatan jiwa di Jawa Tengah, kata Yulianto, pihaknya akan membuat program untuk rumah sakit.

Program dibuat agar masyarakat tertarik untuk berobat tanpa rasa malu.

"Rencana kami akan membuat program di rumah sakit-rumah sakit agar masyarakat tertarik untuk berobat. Dengan nama program yang membuat mereka merasa tidak terkena gangguan jiwa," tandasnya. (idy)

Penulis: Idayatul Rohmah
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved