Sonjo Desa, Bupati Pekalongan Salurkan Berbagai Bantuan di Desa Sengare

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi melakukan kunjungan ke desa atau Sonjo Desa di Desa Sengare, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Jumat

Sonjo Desa, Bupati Pekalongan Salurkan Berbagai Bantuan di Desa Sengare
Tribunjateng/Indra Dwi Purnomo
Bupati Pekalongan Asip Kholbihi memberikan bantuan kepada masyarakat pada saat Sonjo Desa, di Desa Sengare, Jumat (26/04/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Bupati Pekalongan Asip Kholbihi melakukan kunjungan ke desa atau Sonjo Desa di Desa Sengare, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Jumat (26/04/2019) malam.

Desa yang terletak paling timur Kabupaten Pekalongan berada di perbatasan Kabupaten Batang ini, mendapatkan berbagai bantuan dari orang nomor satu di Kabupaten Pekalongan.

Dalam sambutannya Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menyampaikan bahwa kunjungannya bersama jajaran pejabat Pemerintah Kabupaten Pekalongan di Desa Sengare untuk mengetahui kondisi masyarakat desa ini.

"Namun yang paling penting yaitu untuk merekatkan kembali tali persaudaraan dan tali silaturahmi," katanya Asip kepada Tribunjateng.com.

Selain menampung aspirasi, kegiatan Sonjo Deso juga untuk mempercepat pembangunan daeah tersebut. Baik pembangunan infrastruktur, Sumber Daya Manusia (SDM), serta mendongkrak ekonomi lokal dengan mengoptimalkan potensi yang ada di desa tersebut.

Dengan memahami permasalahan yang dihadapi masyarakat desa terpencil, seperti infrastruktur jalan, Pemerintah Kabupaten Pekalongan bisa segera menuntaskan persoalan tersebut.

"Pokoknya kalau bupati bersama jajarannya sudah datang ke sini, hal-hal yang menyangkut pembangunan desa akan kita tuntaskan, sehingga tidak ada lagi kesenjangan,” katanya.

Pada kesempatan Sonjo Deso kali ini, Bupati Pekalongan beserta rombongan disuguhi hiburan wayang kulit semalam suntuk dengan Dalang Sastro Amijoyo dan Slamet Winarso dari Kabupaten Pekalongan.

Asip mengatakan lakon dalam wayang kulit ini yaitu Semar Babar Kahyangan.

"Saya berharap semoga lakon ini bisa menginspirasi kita semua untuk lebih tekun lagi di dalam membangun Desa Sengare.Tapi, syaratnya seluruh warga kudu rukun (harus rukun), orak oleh tukaran nek ono perbedaan di rembung secara kekeluargaan (tidak boleh berantem kalau ada perbedaan di selesaikan secara kekeluargaan),"ajak Bupati kepada kepada warga Desa Sengare Kecamatan Talun.

Pada kesempatan Sonjo Deso kali ini, pihaknya juga menyerahkan banyak bantuan, antara lain bantuan kepada anak yatim piatu, penjaga makam, perawat kuburan, bantuan untuk orang jompo, bantuan untuk pendidikan dari SD hingga SMA, bantuan untuk masjid dan bantuan untuk pembangunan rumah baru.

"Semua bantuan berasal dari Dinas Soisal, bagian Kesra dan BAZNAS. Sedangkan bantuan untuk pembangunan rumah berasal dari Dinas Lingkungan Hidup dan Perkim Kabupaten Pekalongan. Bantuan ini berbentuk material sejumlah Rp 35 juta dan diberikan kepada keluarga yang memiliki menantu dan memiliki tanah namun masih tinggal satu rumah bersama mertuanya,"imbuhnya. (Dro)

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved