Pasca Pemilu 2019, Seluruh Stakeholder Batang Deklarasi Damai

Deklarasi yang digelar di Hotel Dewi Ratih tersebut dalam rangka menciptakan situasi Kabupaten Batang aman, damai, dan sejuk pasca pemilu

Pasca Pemilu 2019, Seluruh Stakeholder Batang Deklarasi Damai
Tribunjateng.com/Dina Indriani
Seluruh stakeholder Kabupaten Batang deklarasi damai pasca pemilu di Hotel Dewi Ratih, Selasa (30/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Seluruh stakeholder Kabupaten Batang di antaranya Polres, TNI, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), KPU, Bawaslu bersama perwakilan partai, hingga tokoh masyarakat serta agama deklarasi pernyataan sikap damai dan apresiasi pasca penyelenggaraan Pemilu 2019.

Deklarasi yang digelar di Hotel Dewi Ratih tersebut dalam rangka menciptakan situasi Kabupaten Batang aman, damai, dan sejuk pasca pemilu.

Adapun dalam petisi deklarasi damai yang disepakati yakni "Kami Pemkab Batang dan elemen masyarakat Batang siap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta keutuhan pasca Pilpres dan Pileg 2019. Guyub rukun mbangun Batang".

Setelah suarakan deklarasi damai, dilanjutkan dengan menandatangani komitmen bersama pemilu damai pasca pemilu.

Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga mengatakan dalam pelaksanaan pemilu 2019 pihak keamanan gabungan dari Polres dan Kodim telah menerjunkan 287 personil, dari sebelum pencoblosan fokus melakukan pengamanan di gedung KPU, Gudang KPU dan Bawaslu.

Saat pencoblosan
merambah ke TPS dan ke tingkat PPK. Pasca pecoblosan fokus kembali ke KPU, Gudang KPU dan Bawaslu.

"Setiap malam 30 personil yang kita gilir menjadi dua shitf, non stop 1x24 jam menjaga tempat tersebut," ujarnya.

AKBP Edi S Sinulingga juga menjamin situasi keamanan sampai nanti pengumuman hasil pemilu 2019, di Kabupaten Batang akan terus kondusif.

"Tahapan pencoblosan, rekapitulasi tingkat PPK, hingga saat ini akan berlangsung di tingkat Kabupaten berjalan lancar dan aman, tanpa ada dinamika gangguan Kamtibmas yang signifikan," ujar Kapolres.

Menurutnya, situasi itu bisa terwujud berkat sinergitas luar biasa dari semua stakeholder diantaranya, TNI, Polri, penyelenggara Pemilu, Pemda, parpol, Ormas dan seluruh komponen masyarakat

"Saya mengucap terimakasih dan mengajak untuk tetap mempertahankan situasi aman dan damai, sampai tahap akhir hingga penetapan nanti," ujarnya.

Kapolres juga mengimbau dan mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk kembali bersatu dan menghilangkan segala bentuk perbedaan serta tetap menjaga suasana aman, damai dan sejuk.

“Mari kita serahkan dan percayakan KPU untuk merampungkan keseluruhan proses yang sudah berlangsung, dan mari wujudkan Kabupaten Batang yang Guyub Rukun,” tandasnya. (din)

Penulis: dina indriani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved