Peringati Hari Buruh, Ini Tuntutan Buruh di Kabupaten Pekalongan

Sebanyak 500 buruh di Kabupaten Pekalongan turun ke jalan untuk memperingati Hari Buruh Internasional

Peringati Hari Buruh, Ini Tuntutan Buruh di Kabupaten Pekalongan
Tribunjateng.com/Indra Dwi Purnomo
Ratusan buruh di Kabupaten Pekalongan memperingati May Day 2019 di lapangan Gemek, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (1/05/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Sebanyak 500 buruh di Kabupaten Pekalongan turun ke jalan untuk memperingati Hari Buruh Internasional.

Ratusan buruh tersebut berkonvoi menggunakan sepeda montor dengan rute dari Jalan Samirejo Buaran, kemudian keluar ke Jalan Raya Pekajangan dan finis di lapangan Gemek, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Isa Khanafi Sekretaris Serikat Pekerja Nasional (SPN) Cabang Kabupaten Pekalongan mengatakan aksi di May Day 2019 ini yaitu ingin menyuarakan tuntunan kaum buruh di Kabupaten Pekalongan kepada pemerintah.

Menurutnya, saat ini supremasi hukum ketenagakerjaan di Kabupaten Pekalongan masih belum sesuai dengan Undang-undang Ketenagakerjaan No 13 tahun 2003 tentang Hak normatif pekerja.

"Tuntunan aksi kami yaitu meminta kepada pemerintah untuk segera mencabut dan merevisi PP 78 tahun 2015 dikarenakan masih banyaknya buruh yang menerima upah di bawa Upah Minimum Kabupaten (UMK),"kata Isa Khanafi saat ditemui Tribunjateng.com di lapangan Gemek, Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, Rabu (1/05/2019).

Pihaknya juga meminta kepada pemerintah untuk menggratiskan BPJS Kesehatan. Karena, masih banyak buruh yang belum ikut dalam program BPJS baik BPJS Kesehatan maupun Ketenagakerjaan.

"Tidak hanya itu juga mas, banyaknya pekerja kontrak dan outsourcing sangat merugikan kaum buruh,"jelasnya.

Isa menambahkan dalam Undang-undang Dasar 1945 pasal 17 ayat 2 yang berbunyi tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.

"Namun kenyataannya sampai sekarang kami kaum buruh masih sangat jauh dari kata layak apalagi sejahtera,"imbuhnya. (Dro)

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved