PT Pan Brothers Tbk Terapkan Program PASTI Untuk Tekan Kematian Ibu dan Anak di Kabupaten Boyolali

Pihak-pihak terkait, mendapatkan fasilitas dari pemerintah Amerika Serikat melalui lembaga bantuan United States Agency for International Development

PT Pan Brothers Tbk Terapkan Program PASTI Untuk Tekan Kematian Ibu dan Anak di Kabupaten Boyolali
Istimewa
Beberapa karyawan PT Pan Brothers Tbk Sedang diberikan penyuluhan dari Dinkes Kabupaten Boyolali untuk mengurangi angka kematian pada ibu dan bayi 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, PT. Pan Brothers Tbk, Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Boyolali (Diskopnaker), BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, dan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Boyolali berkomitmen mendukung program kesehatan ibu.

Program tersebut kerap disebut Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng. Mereka juga turut membantu menurunkan angka kematian ibu (AKI), angka kematian bayi (AKB), dan angka kematian balita di Boyolali.

Pihak-pihak terkait, memfasilitasi kerja sama antara pemerintah Amerika Serikat melalui lembaga bantuan United States Agency for International Development (USAID) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali.

Menurut data yang dihimpun pada 2017, terjadi 411 kematian ibu dan 3.493 kematian bayi baru lahir di Jawa Tengah.

Diantara kota-kota dan kabupaten di provinsi tersebut, Boyolali adalah satu di antara yang memiliki AKI dan AKB tertinggi.

2018 Dinas Kesehatan Boyolali melaporkan 40 kejadian ibu meninggal saat melahirkan dan 15 bayi baru lahir meninggal dunia.

Penyebab kematian tidak jauh berbeda dengan data nasional. Kebanyakan terjadi di rumah sakit dan lebih dari 70% kematian disebabkan oleh kondisi-kondisi yang seharusnya bisa dicegah seperti pendarahan, infeksi, serta pre-eklampsia dan eklampsia.

Dokter Ratri Survivalina, Kepala Dinkes Boyolali mengatakan penurunan jumlah kematian ibu merupakan salah satu program prioritas di kabupaten tersebut.

“Dengan banyaknya pekerja perempuan di pabrik maka diperlukan kolaborasi kemitraan peningkatan kualitas ANC supaya keselamatan ibu dapat terjamin hingga pekerja perempuan bisa bersalin dengan aman sehat dan bahagia,” katanya.

Inisiatif KIA di tempat kerja dinamakan program PASTI (Pekerja Aktif Sehat Bugar & Produktif) di pabrik PT. Pan Brothers Tbk di Boyolali.

Halaman
123
Penulis: faisal affan
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved