60 Lansia di Kota Pekalongan Dinyatakan Lulus Study Pengentasan Buta Aksara

Wajah sumringah terlihat dari raut muka puluhan lansia yang berkumpul di Lapangan Mataram Kota Pekalongan.

60 Lansia di Kota Pekalongan Dinyatakan Lulus Study Pengentasan Buta Aksara
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Sejumlah lansia mendapatkan Surat Keterangan Melek Aksara (Sukma) yang diberikan langsung oleh Walikota Pekalongan Saelany Machfudz, di Lapangan Mataram Setda kota Pekalongan, Kamis (2/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Wajah sumringah terlihat dari raut muka puluhan lansia yang berkumpul di Lapangan Mataram Kota Pekalongan.

Pasalnya, puluhan lansia tersebut telah menyelesaikan study pengentasan buta aksara yang digelar Pemkot Pekalongan sejak Oktober tahun lalu.

Adapun 60 lansia yang mengikuti study pengentasan buta aksara, pada Kamis (1/5/2019), dinyatakan lulus dan mendapatkan Surat Keterangan Melek Aksara (Sukma).

Munawaroh (51) warga Kelurahan Kandang Panjang Kecamatan Pekalongan Utara, satu di antaranya.

Meskipun ia masih terbata-bata saat mengeja aksara, namun wanita 51 tahun tersebut mengaku sangat senang bisa membaca.

“Alhamdulillah saya bisa membaca, karena ikut dalam program pengentasan buta aksara, walaupun belum begitu lancar tapi saya akan terus belajar," jelasnya.

Munawaroh menjelaskan, kini ia tak kebingungan lagi jika bepergian jauh ke luar kota, maupun berbelanja.

"Sekarang saya bisa membaca petunjuk jalan, ataupun bisa membaca saat berbelanja, kalau dulu saya kebingungan karena tidak tahu huruf," paparnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Soeroso, menjelaskan, puluhan lansia mendapatkan Sukma bertepatan dengan Hardiknas.

"Penyerahan Sukma kali ini merupakan tahap pertama dan akan kami gelar kembali tahun ini, karena dari 162 peserta pengentasan buta aksara baru 60 yang bisa lulus," ujarnya.

Ia menargetkan, pada tahun ini 102 orang di Kota Pekalongan dapat terentaskan dari buta aksara.

"Kami berharap dengan pengentasan buta aksara yang terus dilakukan tidak ada penyandang buta aksara di Kota Pekalongan," tambahnya.

Penulis: budi susanto
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved