Fenomena Perkembangan Ekonomi Semarang di Umur Ke-472

Dilan 1990 menjadi salah satu film terlaris di Indonesia sepanjang masa, terhitung selama masa penayangannya tak kurang dari 6,3 juta orang

Fenomena Perkembangan Ekonomi Semarang di Umur Ke-472
ISTIMEWA
HUT ke-472 Kota Semarang

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dilan 1990 menjadi salah satu film terlaris di Indonesia sepanjang masa, terhitung selama masa penayangannya tak kurang dari 6,3 juta orang menonton film yang menceritakan tentang kisah cinta Dilan dan Milea tersebut.

Namun meskipun alur cerita berlatar di Kota Bandung, Kota Semarang justru lebih memiliki peran penting dalam mengangkat film tersebut menjadi film Indonesia terlaris pada tahun 2018.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan Fajar Bustomi selaku sutradara Dilan 1990.

Dalam sebuah wawancara, Fajar mengungkapkan jika Kota Semarang cukup besar berkontribusi dalam jumlah penonton film Dilan 1990.

Bahkan dirinya tak segan - segan menyebutkan jika kota dengan jumlah penonton terbanyak film yang dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla itu ada di Kota Semarang.

"Penonton Dilan terbanyak di Indonesia ada di Semarang," ungkap Fajar Bustomi saat berada di Kota Semarang (8 Maret 2018).

Di sisi lain, peran Kota Semarang dalam perkembangan industri film tanah air tak hanya sebatas menjadi penyumbang penonton saja.

Sebuah rilisan film remaja di tahun ini yang digadang - gadang akan menyaingi popularitas seri film Dilan, yaitu "Rembulan Tenggelam Di Wajahmu", secara khusus justru menggunakan Kota Semarang sebagai latar alur ceritanya.

Terhitung sebulan lebih, proses penggarapan film yang diadaptasi dari Novel Best Seller karya Tere Liye dilakukan di sejumlah tempat di Kota Semarang tahun lalu.

Danial Rifki selaku sutradara film tersebut mengungkapkan terkejut selama sebulan lebih mengeksplorasi gedung-gedung tua di kawasan Kota Lama Semarang.

Halaman
1234
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved