Ini Pesan Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno di Hadapan Ratusan Peserta Hari Pendidikan Nasional

Ratusan siswa-siswi TK hingga SMA ikuti upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional di halaman Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten

Ini Pesan Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno di Hadapan Ratusan Peserta Hari Pendidikan Nasional
IST
Suasana Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Halaman Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen. Ist 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN - Ratusan siswa-siswi TK hingga SMA ikuti upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional di halaman Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen, Kamis (2/5/2019).

Peringatan ini juga dihadiri ASN di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen.

Upacara ini dipimpin oleh Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno.

Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy Hari Pendidikan Nasional 2019 memiliki tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.”

Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia 
yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

Dalam perspektif Kemendikbud pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja.

"Dalam pendidikan karakter dimaksudkan untuk membentuk insan 
berakhlak mulia, empan papan, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur," ujar Dedy.

Sementara ikhtiar membekali ketrampilan dan kecakapan disertai pula dengan penanaman jiwa 
kewirausahaan yang membutuhkan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan di tingkat pusat dan daerah.

Dirinya mengatakan anggaran pendidikan kita sekitar 63% dikelola Pemerintah Daerah.

Besarnya prosentase anggaran pendidikan yang dikelola daerah diharapkan terus-menerus dikelola aktif agar Pemda mengambil peran yang lebih aktif dalam memanfaatkan dana APBN baik melalui Dana Alokasi Umum (DAU) maupun Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Tentu dengan memperhatikan kualitas pemanfaatan untuk program-program prioritas, serta APBD yang menjamin anggaran pendidikan minimal 20%," ujarnya.

Dalam konteks ini, pembangunan pendidikan dan kebudayaan dalam rangka penguatan sumberdaya manusia yang berkualitas, akan berjalan secara optimal manakala pemerintah daerah 
dan segenap pemangku kepentingan yang ada proaktif dan lebih aktif dalam mendorong kemajuan 
dunia pendidikan dan kebudayaan.

Dalam kesempatan itu pula Pemerintah Pusat memberikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri, terutama kepada Ibu dan Bapak pendidik dan tenaga kependidikan di semua jenjang.

"Para pegiat PAUD, pegiat literasi, para tokoh agama, wartawan, dan kontributor pendidik lainnya, yang 
tak lelah menyalakan mimpi, memberikan inspirasi, membuka jalan terang masa depan anak Indonesia agar menjadi manusia cerdas berkarakter kuat dan memberikan manfaat bagi sekitarnya," ujarnya.

Di akhir upacara Dedy memberikan langsung penghargaan bagi para siswa-siswi yang berprestasi di berbagai bidang lingkup Kabupaten Sragen. (uti)

Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved