Maksimalkan Layanan PSC 119, Dinkes Jateng Upayakan Perkuat SPGDT

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah saat ini sedang berupaya memaksimalkan layanan Pusat Safety Center (PSC) 119 di masing-masing kabupaten/kota

Maksimalkan Layanan PSC 119, Dinkes Jateng Upayakan Perkuat SPGDT
TRIBUN JATENG/IDAYATUL ROHMAH
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dr Yulianto Prabowo M.Kes. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah saat ini sedang berupaya memaksimalkan layanan Pusat Safety Center (PSC) 119 di masing-masing kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Untuk mendukung rencana tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dr. Yulianto Prabowo M.Kes memperkuat Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT).

"Nanti kami siapkan sarana prasarana, baik roda empat maupun roda dua. Mau tidak, SPGDT menangani? Kalau tidak mau, kami bangun jejaring dengan relawan," katanya baru-baru ini.

Menurut Yulianto, SPGDT yang sejauh ini banyak menanggulangi masalah terkait medis, harus bergerak cepat dalam menjangkau masyarakat.

Terlebih bagi masyarakat yang membutuhkan penanganan segera.

Dengan adanya layanan PSC 119, SPGDT dapat segera melakukan penanganan.

"Misalnya ada yang kecelakaan di jalan, itu membutuhkan penanganan segera. Masyarakat dapat menghubungi layanan 119, SPGDT langsung ke rumah sakit," jelas Yulianto.

Selanjutnya, Yulianto memaparkan, layanan PSC 119 di Jawa Tengah ini akan dimaksimalkan seperti layanan darurat 911 di Amerika Serikat.

Tidak hanya darurat saja, kata Yulianto, layanan 119 juga akan diupayakan untuk menjangkau masyarakat yang membutuhkan layanan medis segera.

Terutama terkait penanganan medis yang sifatnya sosial.

"Ada yang serangan jantung, seperti di Amerika ada 911, itu bisa juga. Termasuk rumah sakit mana yang ada kamar kosong itu bisa menghubungi PSC 119. Sementara masalah medis tapi sosial banyak, tidak gawat dan tidak darurat yang sebenarnya tidak perlu ditangani segera tapi masyarakat inginnya ditangani segera itu kita ingin jangkau dengan tim ini," tandasnya. (idy)

Penulis: Idayatul Rohmah
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved