Bawaslu RI Telah Keluarkan 2600 Lebih rekomendasi Pemungutan Suara Ulang

Ketua Bawaslu RI, Abhan meninjau pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Pemilu 2019 KPU Kabupaten Batang di Hotel Dewi Ratih, Jumat (3/5/2019).

Bawaslu RI Telah Keluarkan 2600 Lebih rekomendasi Pemungutan Suara Ulang
TRIBUN JATENG/DINA INDRIANI
Ketua Bawaslu RI, Abhan saat meninjau pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Pemilu 2019 KPU Kabupaten Batang di Hotel Dewi Ratih, Jumat (3/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Ketua Bawaslu RI, Abhan meninjau pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Pemilu 2019 KPU Kabupaten Batang di Hotel Dewi Ratih, Jumat (3/5/2019).

Abhan mengatakan terkait dengan tahapan rekapitulasi, sejauh ini berjalan lancar.

Menurutnya, memang antar daerah terjadi kondisi tahapan rekapitulasi yang berbeda, namun hal tersebut wajar lantaran adanya perbedaan jumlah pemilih.

"Batang ini kabupaten pertama di Jateng yang saya kunjungi, sejauh ini lancar, kalau dilihat dengan daerah lain proses rekapnya tidak sama.

Ada yang masih jalan di tingkat kecamatan, ada yang kabupaten, tapi sejauh pantauan kami berjalan dengan lancar," tutur Abhan.

Abhan menjelaskan dalam penyelanggaraan Pemilu 2019 lalu, Bawaslu RI total telah memberikan 2600an rekomendasi Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Hal ini pun sudah dilakukan melalui pengawas tingkat kecamatan dan TPS dan sebagian besar sudah ditindak lanjuti langsung oleh KPU dan jajarannya.

"Apa yang menjadi temuan kami maupun laporan yang kami terima sudah kami tindak lanjuti, dan untuk pelanggaran atau temuan yang bersifat administratif kami sudah lakukan dengan pemberian rekomendasi PSU, dan sebagian besar juga sudah ditindaklanjuti oleh KPU.

Untuk PSU lanjutan ataupun susulan seluruh Indonesia kira-kira ada sekitar 2.600an," jelasnya.

Dalam kesempatan ini Abhan menyampaikan bahwa Bawaslu RI juga turut berduka dan prihatin atas musibah yang menimpa pengawas maupun petugas pelaksana pemilu yang sakit bahkan hingga meninggal dunia.

Pihaknya pun mengapresiasi pengabdian para petugas yang telah menjadi relawan demokrasi dalam Pemilu 2019 ini.

"Tentunya honor yang diberikan kepada mereka tentunya tidak sebanding dengan pengabdian mereka.

Kami sangat apresiasi kinerja para petugas di lapangan dan tetap semangat hingga selesai seluruh tahapan pemilu 2019 kali ini," pungkasnya.(din)

Penulis: dina indriani
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved