Tradisi Jelang Ramadan, Warga Berbondong-bondong Cuci Karpet ke Bendungan Kramat Batang

Puluhan warga terlihat berbondong-bondong datang ke sekitar sungai hingga Bendungan Keramat, Batang

Tradisi Jelang Ramadan, Warga Berbondong-bondong Cuci Karpet ke Bendungan Kramat Batang
Tribunjateng.com/Dina Indriani
Warga terlihat antusias mencuci karpet di Sungai Kramat, Batang, Jumat (3/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Puluhan warga terlihat berbondong-bondong datang ke sekitar sungai hingga Bendungan Keramat, Batang.

Warga yang didominasi para pemuda itu nampak sibuk menggelar karpet di tepi sungai. Bukan untuk diduduki melainkan karpet-karpet tersebut hendak dicuci.

Dengan bergerombol secara bergantian mereka mencuci karpet-karpet yang didominasi warna hijau itu.

Tak hanya remaja, anak-anak pun juga terlihat menikmati dan asyik menyikat karpet sambil bermain air.

Setelah proses pencucian, karpet-karpet dan terpal kemudian dijemur dengan digantungkan di tepi jembatan bendungan kramat.

Cuci karpet di sungai kramat merupakan tradisi daerah yang rutin dilakukan setiap menjelang ramadan.

Satu diantara warga Dukuh Legoksari, Proyonanggan, Ahmad Thobirin bersama para remaja di kampungnya bersama datang membawa karpet masjid untuk dicuci dan dibersihkan.

Dipilihnya sungai kramat memang selain menjadi tradisi untuk menyambut bulan ramadhan, juga karena tempat yang luas, dan airnya pun cukup bersih.

"Sering cuci di sini, apalagi menjelang ramadhan karena mempersiapkan peralatan masjid terlebih karpet agar bersih, selain memang tradisi juga tempatnya luas dan airnya cukup bersih," tuturnya.

Ahmad Thobirin mengatakan selain untuk beribadah saat bulan suci ramadhan karpet yang sudah dicuci tersebut juga akan digunakan untuk acara unggah-unggahan.

"Karpet-karpet ini juga nantinya akan digunakan untuk acara unggah-unggahan istilahnya kalau di sini syukuran menyambut puasa," ujarnya.

Tidak hanya warga Batang, ternyata warga asal daerah tetangga yaitu Pekalongan juga berbondong datang dengan mengendarai mobil bak terbuka membawa puluhan karpet yang akan dicuci.

Seperti rombongan dari Garmer, Pekalongan Timur ini.

Ketua RT Garmer, Taufiq mengatakan setiap setahun sekali atau menjelang bulan suci ramadhan bersama remaja dan anak-anak guyub mencuci karpet mushola di Bendungan Kramat.

"Saat bulan Ramadhan pasti kesini mencuci karpet rutian setiap tahunnya, untuk persiapan ibadah biar bersih lahir dan batinnya, selain itu menjadi kesenangan tersendiri untuk anak-anak bahkan momen seperti ini sangat dinantikan mereka," pungkasnya. (din)

Penulis: dina indriani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved