Cerita Penjaga Makam Sapuro Kota Pekalongan, Dapat Berkah Melimpah Jelang Ramadan

Alam mengaku jelang Ramadan, kompleks Makam Sapuro Kota Pekalongan banyak dikunjungi orang di mana anggota keluarganya dimakamkan.

Cerita Penjaga Makam Sapuro Kota Pekalongan, Dapat Berkah Melimpah Jelang Ramadan
Tribun Jateng/ Budi Susanto
Alam dan Painem tengah sibuk membersihkan makam di kompleks Makam Sapuro Kota Pekalongan, Sabtu (4/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Dari kejauhan dua orang tua terlihat sibuk menyapu area makam di kompleks Makam Sapuro Kota Pekalongan.

Keduanya nampak teliti menyapu dedaunan yang berserakan di sekitar makam untuk kemudian dikumpulkan dan dibakar.

Hanya bermodalkan sapu serta tangan kosong mereka membersihkan makam yang akan dikunjungi oleh sanak keluarga pemilik makam.

Keduanya adalah Alam (67) dan Painem (60) warga Sapuro Kota Pekalongan, yang sudah puluhan tahun bekerja sebagai pembersih makam.

Sebelum sore menjelang, Alam dan Painem mempercepat pekerjaannya, karena jelang ramadan banyak keluarga para almarhum datang untuk mendoakan anggota keluarga mereka.

Alam mengaku jelang Ramadan, kompleks Makam Sapuro Kota Pekalongan banyak dikunjungi orang di mana anggota keluarganya dimakamkan.

"Jelang puasa seperti sekarang dan lebaran biasa banyak yang mengunjungi makam, dan kebanyakan setiap sore hari. Maka dari itu kami selesaikan secepatnya pekerjaan kami," jelasnya kepada Tribunjateng.com, Sabtu (4/5/2019).

Walaupun nampak berat pekerjaan yang dilakukan keduanya, namun Alam mengaku setimpal dengan apa yang diperoleh.

"Kalau jelang puasa seperti sekarang kami bisa dapat Rp 500 ribu setiap hari, namun tidak terus menerus, hanya hari-hari tertentu hingga Lebaran nanti," katanya.

Halaman
12
Penulis: budi susanto
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved