Bupati Batang Jumpai Kenaikan Harga Bawang Putih Capai 110 Persen, Semula Hanya Rp 25 Ribu

Hari pertama Ramadan, Bupati Batang Wihaji melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Batang dan Pasar Kecamatan Bandar, Senin (6/5/2019).

Bupati Batang Jumpai Kenaikan Harga Bawang Putih Capai 110 Persen, Semula Hanya Rp 25 Ribu
FACEBOOK/TRIBUN JATENG TV
Bupati Batang, Wihaji 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Hari pertama Ramadan, Bupati Batang Wihaji melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Batang dan Pasar Kecamatan Bandar, Senin (6/5/2019).

"Di hari pertama puasa sengaja kami sidak pasar untuk mengetahui barang apa saja yang mengalami kenaikan harga," tutur Wihaji didampingi Kepala Dinas Perindagkop Kabupaten Batang, Suresmi.

Nantinya, oleh Pemkab Batang pasca pengecekan harga akan dijadikan sebagai bahan rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), lalu ditindaklanjuti apabila ada kenaikan harga melebihi batas kewajaran.

"Dari sidak memang ada beberapa barang kebutuhan pokok masyarakat yang naik seperti, bawang putih naik hampir 110 persen," ujarnya.

Adapun kenaikan bawang putih dari harga Rp 25 ribu menjadi Rp 55 ribu per kilogram.

Menurut Wihaji, hal itu harus menjadi perhatian karena di Kecamatan Bawang, petani sedang panen raya bawang putih.

"Oleh karena itu, kami coba cek juga di Dinas Pertanian, seberapa banyak panennya, barang kali bisa membantu menurunkan harga bawang di Kabupaten Batang," terangnya.

Bupati juga menjelaskan, panen raya bawang putih di Kecamatan Bawang dari Kamar Dagang Industri (Kadin) juga sudah siap membelinya untuk melakukan operasi pasar.

"Untuk kenaikan bahan pokok masyarakat masih di kisaran wajar, hanya bawang putih. Tapi yang jelas kami pastikan ketersediaan kebutuhan barang pokok masyarakat persiapan sepanjang Ramadan tidak ada masalah harga juga terkendali," pungkasnya. (Dina Indriani)

Penulis: dina indriani
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved