TPID Batang Jamin Stok Pangan Aman Hingga Lebaran

TPID Kabupaten Batang menjamin ketersediaan stok pangan pada bulan ramadhan hingga lebaran di wilayah Kabupaten Batang

TPID Batang Jamin Stok Pangan Aman Hingga Lebaran
Tribun Jateng/Dina Indriani
Tim TPID Batang melakukan rapat Koordinasi antisipasi kenaikan harga di Kabupaten Batang saat bulan Ramadhan di Ruang Dahlia Kantor Bupati, Selasa (7/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Batang menjamin ketersediaan stok pangan pada bulan ramadhan hingga lebaran dalam keadaan aman dan mencukupi.

"Di awal ramadhan ini kami mengantisipasi kemungkinan terjadinya inflasi, dari laporan semua stakeholder terkait, seperti Bulog, Pertamina, dan OPD pemangko stok pangan hingga lebaran aman dan mencukupi, bahkan beberapa melebihi kebutuhan wilayah Batang," terang Ketua TPID Batang, Nasikhin usai Rapat Koordinasi TPID di Ruang Dahlia Kantor Bupati, Selasa (7/5/2019).

Dengan demikian, ia pun meminta masyarakat tidak perlu khawatir.

Meski begitu, dikatakannya TPID tetap terus memantau, serta memonitoring harga dan stok agar berjalan dengan lancar.

"Tim akan terus memantau, karna stok sudah ada data dan aman maka sekarang tugasnya adalah bagaimana pendistribusiannya tepat sasaran, sehingga kami menggandeng Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Satgas Mafia Pangan," ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak panik dan menjaga pola konsumsi.

"Pemkab akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tetap tenang dan menjaga pola konsumsinya, jangan main borong sehingga harga dapat terkendali.

Kalau stok aman, distribusi lancar, pola konsumsi masyarakat wajar - wajat saja maka idak akan terkadi gejolak harga," ujarnya.

Menurutnya, kenaikan harga menjelang ramadhan terlebih pada bawang karena pengaruh harga nasional bukan lokal sehingga kenaikannya pun masih dalam tingkat kewajaran.

"Kalau melihat kondisi harga stabil, walaupun naik masih batas kewajaran, bawang sendiri karena oengaruh harha nasional, bukan lokal jadi tidak terlalu signifikan stok kita di lokal sangat mencukupi," ujarnya.

Dengan kenaikan harga yang masih dalam tahap wajar, untuk itu pihaknya belum akan melakukan operasi pasar.

"Untuk operasi pasar belum dilaksanakan kecuali kalau ada fluktuasi di lapangan yang luar biasa bisa dilakukan operasi pasar, tapi dengan antisipasi ini Inshaallah tidak terjadi," pungkasnya. (din)

Penulis: dina indriani
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved