Guru Besar UMS Solo: Ada Dugaan Kecurangan Pemilu, Pemerintah Perlu Kembalikan Kepercayaan Publik

Guru Besar UMS, Tjipto Subadi berpendapat pemerintah perlu memperkokoh kepercayaan masyarakat setelah Pemilu 2019.

Guru Besar UMS Solo: Ada Dugaan Kecurangan Pemilu, Pemerintah Perlu Kembalikan Kepercayaan Publik
ISTIMEWA
Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Tjipto Subadi 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Tjipto Subadi berpendapat pemerintah perlu memperkokoh kepercayaan masyarakat setelah Pemilu 2019.

Dugaan kecurangan dalam proses pencoblosan hingga rekapitulasi suara menjadi faktor utama turunnya kepercayaan publik. Meski itu sekadar informasi hoaks.

Selain pemerintah, Tjipto berujar peran elit politik menghadirkan kesejukan antar kubu simpatisan 01 dan 02, sangat diperlukan.

“Apapun hasilnya, siapapun pemenangnya masyarakat akan menerima dengan lapang dada,” kata Tjipto Subadi, dalam rilis, Rabu (8/5/2019) malam.

Pria kelahiran Sukoharjo itu menyampaikan masyarakat berpotensi membuat kericuhan besar-besaran bila dugaan kecurangan yang selama ini dipublikasi itu terbukti kebenarannya.

“Itu bisa sangat mencederai perasaan rakyat Indonesia. Sekaligus mampu memicu terjadinya aksi besar-besaran,” kata dia.

Tjipto Subadi juga mengingatkan agar pemerintah beserta penyelenggara Pemilu 2019 cepat tanggap merespon segala aduan masyarakat.

"Misalnya bila ada salah input data di KPU, harus segera dibenahi sesuai C1. Pembenahan perlu dipublikasikan secara terbuka, tujuannya supaya masyarakat paham persoalan," tuturnya.

Dia meyakini aksi kericuhan bisa diminimalisasi, bahkan tidak terjadi bila permasalahan dalam Pemilu dapat ditindaklanjuti secara jujur, adil, transparan. (Daniel Ari Purnomo)

Penulis: Daniel Ari Purnomo
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved