Hadiri Sosialisasi PPDB, Bupati Haryanto Singgung Soal Pemerataan Peserta Didik

di wilayah tertentu, permasalahan yang sering muncul di jenjang SD yakni persaingan dengan madrasah.

Hadiri Sosialisasi PPDB, Bupati Haryanto Singgung Soal Pemerataan Peserta Didik
Tribun Jateng/Mazka Hauzan Naufal
Bupati Pati Haryanto memberi arahan dalam Sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2019/2020 di Ruang Penjawi Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Rabu (8/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Terkait pelaksanaan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2019/2020, Bupati Pati Haryanto mengimbau seluruh pihak terkait saling berdiskusi.

Tujuannya, agar jumlah siswa proporsional di masing-masing sekolah.

"Supaya tidak ada sekolah yang jumlah muridnya gemuk kemudian di sisi lain malah ada yang kurus bahkan tidak dapat murid," ucapnya.

Imbauan tersebut disampaikan Haryanto di hadapan 181 peserta Kegiatan Sosialisasi PPDB Tahun Ajaran 2019/2020 yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati di Ruang Penjawi Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Rabu (8/5/2019).

Peserta sosialisasi terdiri atas Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Pati, Ketua PGRI Kabupaten Pati, kepala SMP, pengawas SMP, Korwilcam Bidang Pendidikan, dan pengawas TK serta SD.

Dalam arahannya, Haryanto mengatakan, di wilayah tertentu, permasalahan yang sering muncul di jenjang SD yakni persaingan dengan madrasah.

"Jika di Pati Kota, ini yang cenderung berebut murid ialah SD Pati Kidul, SD Ngarus, dan Pati Lor."

"Masalah-masalah inilah yang patut diselesaikan lebih awal agar nanti tidak menimbulkan beban, khususnya bagi kepala sekolah."

"Itu nanti bisa dirapatkan dengan unsur-unsur yang bersangkutan," ujarnya.

Sedangkan untuk jenjang SMP, sistem penerimaan peserta didik dilakukan berdasarkan beberapa kategori, yakni melalui sistem zonasi, prestasi, serta pindahan.

Halaman
12
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved