Hindari Terlalu Banyak Makan saat Buka Puasa, Hati-hati Ini Efek Buruknya

Makan berlebihan saat buka puasa menyebabkan beberapa efek kesehatan.. Makan terlalu banyak justru memberikan banyak sekali masalah.

Hindari Terlalu Banyak Makan saat Buka Puasa, Hati-hati Ini Efek Buruknya
Net
Ilustrasi makanan 

TRIBUNJATENG.COM- Makan berlebihan saat buka puasa menyebabkan beberapa efek kesehatan.

Melansir dari doktersehat.com, makan banyak dan tidak terkontrol akan memberikan kepuasan tersendiri untuk Anda.

Sayangnya, tubuh tidak demikian. Makan terlalu banyak justru memberikan banyak sekali masalah sehingga Anda harus bisa mengontrolnya.

Berikut beberapa efek makan banyak saat berbuka puasa:

1. Perut begah dan kembung

Salah satu efek makan dan minum terlalu banyak saat berbuka puasa adalah perut jadi begah dan kembung. Hal ini bisa terjadi karena Anda terlalu banyak minum air dalam waktu singkat dan air yang diminum cenderung dingin. Apa yang Anda lakukan membuat lambung yang sensitif jadi bergejolak.

Kalau Anda terus melanjutkan makan banyak saat berbuka, perut akan semakin begah sehingga Anda semakin tidak nyaman. Setelah makan Anda akan sudah bergerak dan lebih banyak diam.

Cara untuk menghindari hal di atas, sebaiknya minum air hangat dahulu dan makan pelan-pelan saja. Jangan memaksakan diri untuk menghabiskan semua makanan yang ada, toh habis Tarawih masih bisa dilanjutkan.

2. Diare

Saat berbuka puasa kita sering sekali makan apa saja yang ada dengan cepat dan tidak memperhitungkan dampak yang akan terjadi. Nah, salah satu dampak makan yang terlalu banyak dan tidak terkontrol lagi adalah diare pada hari berikutnya.

Halaman
12
Penulis: Wahyu Ardianti Woro Seto
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved