Melihat Alquran Raksasa Kecintaan Jamaah Masjid Aulia Sapuro Kota Pekalongan

Alquran raksasa terpampang di sudut Masjid Aulia Sapuro yang terletak di Kelurahan Sapuro Kebulen, Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan.

Melihat Alquran Raksasa Kecintaan Jamaah Masjid Aulia Sapuro Kota Pekalongan
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Fauzan sesepuh Masjid Aulia Sapuro di Kelurahan Sapuro Kebulen Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan sedang membaca ayat-ayat suci yang ditorehkan di Alquran raksasa, Kamis (9/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Alquran raksasa terpampang di sudut Masjid Aulia Sapuro yang terletak di Kelurahan Sapuro Kebulen, Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan.

Di tengah-tengah umat Islam yang sedang melaksanakan ibadah, Alquran raksasa itu nampak megah berdiri.

Ayat-ayat suci yang ditorehkan di atas kain kanvas terbaca jelas dari kejauhan saat melihat ke arah Alquran raksasa tersebut.

Butuh dua orang untuk membuka Alquran itu karena ukurannya yang tak lazim seperti Alquran pada umumnya.

Bahkan, tinggi orang dewasa tak ada apa-apanya saat berdiri di depan Alquran yang dipampang di sudut Masjid Aulia Sapuro.

Menurut Fauzan (80) sesepuh Masjid Aulia Sapuro, Alquran raksasa yang dipampang disudut Masjid itu dibuat pada 1970 silam.

"Alquran itu merupakan pemberian dari seorang anggota Polri dari Pekalongon, yang bernama Mochamad Aswantary pada 1970 lalu," jelasnya, Kamis (9/5/2019).

Dinkes Kota Pekalongan: Coklat Mermaid Aman Dikonsumsi, Hasil Uji Laboratorium BPOM Semarang

Tujuan anggota Polri yang memberikan Alquran raksasa ke Masjid Aulia Sapuro dipaparkan Fauzan, untuk melengkapi bacaan di Masjid.

"Alquran raksasa tersebut juga pernah dipinjam ke Surabaya dan Semarang, akan tetapi saat dikembalikan banyak bagian yang rusak," ujarnya.

Dilanjutkannya, pada tahun 2000 warga sekitar melakukan perbaikan terutama di bagian sampul Alquran.

"Karena sampulnya rusak jadi warga melakukan perbaikan secara swadaya, menggunakan tripleks dari kayu Kalimantan, dan perbaikan halamannya menggunakan kain kanvas," kata Fauzan.

Adapun di dalam Alquran raksasa itu hanya berisi surat Al Fatihah dan ayat-ayat Alquran Juz 30.

"Hingga kini Alquran masih awet karena selalu dirawat oleh warga dan jamaah Masjid, bahkan hampir setiap hari jamaah masjid membersihkan baik sampul maupun halaman Alquran raksasa itu," tuturnya. (bud)

Penulis: budi susanto
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved