Inilah Beragam Aktivitas Keagamaan Warga Binaan Rutan Batang Selama Ramadan, Juga Libatkan Kemenag

Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas IIB Batang, Mustofa mengatakan, pada Ramadan tahun ini, kegiatan warga binaan lebih kepada pembinaan keagamaan.

Inilah Beragam Aktivitas Keagamaan Warga Binaan Rutan Batang Selama Ramadan, Juga Libatkan Kemenag
TRIBUN JATENG/DINA INDRIANI
Suasana tadarus Quran warga binaan di Musala Rutan Kelas IIB Batang, Jumat (10/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Tinggal di dalam jeruji besi, kehidupan serba tertutup, dan apa adanya tak menyurutkan warga binaan Rutan Kelas IIB Batang untuk menjalankan ibadah puasa.

Bahkan pada Ramadan ini, para warga binaan muslim terlihat lebih bersemangat untuk melakukan kegiatan keagamaan.

Setiap pagi usai salat subuh berjamaah, mereka membuka kitab suci Alquran untuk tadarus bersama-sama.

Tak hanya saat pagi, tadarus dan pengajian juga dilakukan pada siang hingga sore hari sembari menunggu aktu berbuka puasa.

Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas IIB Batang, Mustofa mengatakan, pada Ramadan tahun ini, kegiatan warga binaan lebih kepada pembinaan keagamaan.

"Untuk kegiatan keagamaan akan dimaksimalkan selama bulan puasa ini. Memang kami wajibkan untuk semua warga binaan muslim, baik tahanan maupun narapidana," tuturnya.

Kegiatan keagamaan yang dilaksanakan selama puasa oleh warga binaan, yakni tadarus Alquran, salat subuh berjamaah, hingga salat dhuha, serta ceramah menjelang berbuka di Mushala Rutan Kelas IIB Batang.

Mustofa mengatakan, pihak Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Batang juga hadir setiap pagi untuk memberikan pembinaan kepada warga binaan.

"Kami jadwalkan secara bergilir, begitu juga saat tadarus dan pengajian," ujarnya.

Adi Prayitno, warga binaan di rutan tersebut bersyukur karena bisa melakukan kegiatan positif dan meningkatkan iman serta taqwa selama Ramadan tahun ini.

Bahkan laki laki berusia 33 tahun itu bertekad untuk khatam Quran.

"Alhamdulillah bisa lebih beribadah secara maksimal. Dan insya Allah saya ingin khatam selama sebulan ini," pungkasnya. (Dina Indriani)

Penulis: dina indriani
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved