Pemilik Kosmetik Ilegal Senilai Rp 1 Miliar Telah Ditetapkan Sebagai Tersangka

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang menetapkan pemilik kosmetik ilegal senilai Rp 1 milair sebagai tersangka.

Pemilik Kosmetik Ilegal Senilai Rp 1 Miliar Telah Ditetapkan Sebagai Tersangka
TRIBUN JATENG/JAMAL A NASHR
Kepala BBPOM Semarang Syafriansyah 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Jamal A Nashr

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemilik kosmetik ilegal senilai Rp 1 miliar telah ditetapkan sebagai tersangka. Wanita berinisial IR tersebut telah diperiksa bersama dua orang saksi Senin (6/5/2019) lalu.

Sebelumnya, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang telah mengamankan kosmetik ilegal di sebuah gudang di Jalan Tarumanegara 11 Kota Magelang, Selasa (30/5/2019).

Selain 136 jenis kosmetik, juga ditemukan obat gemuk dokter (OGD) dan ot tie ginseng kianpi pil dengan total 28.299 kemasan.

"Masih kita proses dan sudah kita tetapkan sebagai terangka," sebut Kepala BBPOM Semarang, Syafriansyah, Jumat (10/5/2019).

Setelah berkas pemeriksaan tersangka telah lengkap selanjutnya akan dilimpahkan ke Kejaksaan. Meski telah ditetapkan tersangka, IR belum ditahan karena bersikap kooperatif saat proses pemeriksaan.

"Berkasnya belum kita limpahkan ke kejaksaan. Secepatnya akan kami limpahkan karena banyak kasus yang kita tangani," katanya.

Kosmetik dan obat tanpa izin senilai Rp milair tersebut dikemas dalam 103 karton. Saat ini barang bukti tersebut telah diamankan di Kantor BBPOM Semarang.

Dalam menjalankan praktiknya, tersangka memasarkan kosmetik melalui media online.

Menggunakan media online, konsumen kosmetik tersebut tidak hanya berasal dari Jawa Tengah tetapi dari berbagai daerah di Indonesia.

Atas ulahnya mengedarkan kosmetik dan obat tanpa izin edar, tersangka terancam dijerat pasal 197 UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman penjara lima tahun dan denda Rp 1,5 miliar.(jam)

Penulis: Jamal A. Nashr
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved