CATAT JANJI PT LIB! Wasit Liga 1 2019 Tidak Akan Terlibat Pengaturan Skor

Direktur Interim PT LIB, Dirk Soplanit, berjanji wasit yang bertugas di Liga 1 2019 tidak akan ikut dalam praktik pengaturan skor.

CATAT JANJI PT LIB! Wasit Liga 1 2019 Tidak Akan Terlibat Pengaturan Skor
ISTIMEWA
Shopee Liga 1 2019 

TRIBUNJATENG.COM - Direktur Interim PT Liga Indonesia Baru (LIB), Dirk Soplanit, berjanji bahwa wasit-wasit yang bertugas di Liga 1 2019 tidak akan ikut dalam praktik pengaturan skor.

Salah satu caranya itu adalah PSSI menjalin kerja sama dengan FA Inggris untuk membuat Badan Independen Wasit yang nantinya bertugas mengelola wasit-wasit di Liga 1 2019.

Cara tersebut dinilai efektif untuk membuat wasit-wasit takut untuk ambil bagian dalam pekerjaan kotor itu.

Badan independen itu juga tidak bakal bersentuhan dengan PSSI, PT LIB, dan pihak klub karena akan dikelola oleh orang-orang profesional.

“Paling tidak langkah tersebut adalah upaya. Jadi kalo selama ini wasit diatur dan ditugaskan PSSI, kali ini PSSI dan LIB tidak ikut campur. Semua dikelola badan independen," kata Dirk Soplanitdi SCTV Tower, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (13/5/2019).

"Ini yang kami harapkan, upaya yang dilakukan minimal ada pertanggungjawaban kami terhadap berbagai sorotan. Daripada kami ulang seperti yang lalu, ini sebuah hal yang harus kami lakukan," ucap Dirk Soplanit menambahkan.

Hadir di Persidangan Johar Lin Eng, Komite Eksekutif PSSI: Biaya TC Timnas U-16 Putri akan Diganti

Dirk Soplanit melanjutkan, PT LIB sudah menyiapkan konsekuensi bila nantinya ada tindakan pengaturan skor yang melibatkan wasit.

Wasit tersebut akan langsung diberi hukuman oleh Badan Independen tersebut.

Sementara pada musim ini tidak ada lagi peran Komite Wasit dan Departemen Wasit PSSI.

Dua Mantan Perseru Serui Reuni di PSIS Semarang: Chemistry Kami Sudah Ada

Keputusan tersebut diambil karena citra Komite Wasit dan Departemen Wasit sedang buruk akibat adanya upaya pengaturan skor pada musim lalu.

"Badan Independen itu juga akan menilai wasit mana yang ditugaskan. Apabila ada kesalahan dari wasit, mereka bisa mengistirahatkan wasit tersebut, jadi PSSI tidak akan ikut campur lagi," kata Dirk Soplanit. (*)

Editor: suharno
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved