Cukup Scan Barcode di Aplikasi 'Kota Lama Semarang' untuk Tahu Bangunan Kota Lama

Pengunjung Kota Lama akan dimudahkan mendapatkan informasi terkait sejarah dan bangunan-bangunan cagar budaga

Cukup Scan Barcode di Aplikasi 'Kota Lama Semarang' untuk Tahu Bangunan Kota Lama
TRIBUN JATENG/EKA YULIANTI FAJLIN
Jalan Letjen Suprapto Kawasan Kota Lama kini sudah bisa dilalui pengunjung 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah Kota Semarang terus melakukan peningkatan Kawasan Kota Lama Semarang. Tidak hanya melakukan pembenahan melalui revitalisasi secara fisik saja, namun menghadirkan inovasi-inovasi baru.

Kini, para pengunjung Kota Lama akan dimudahkan mendapatkan informasi terkait sejarah dan bangunan-bangunan cagar budaga yang ada di Kota Semarang melalui Aplikasi Kota Lama Semarang yang diluncurkan pada Senin (13/5/2019).

Kepala Bidang Pengawasan Dinas Penataaan Ruang (Distaru) Kota Semarang, Nik Sutiyani mengatakan, setiap bangunan cagar budaya yang ada di Kota Lama telah dilengkapi barcode.

Pengunjung tinggal mengunduh aplikasi Kota Lama Semarang di Google Play Store lalu melakukan scane barcode untuk mengetahui informasi bangunan yang dikehendaki.

"Dengan aplikasi ini, pengunjung bisa mengakses info bangunan, isinya apa, tahun berapa dibangun, fungsinya apa, arsitekturnya siapa, informasi komplit," terang Nik.

Dalam aplikasi tersebut, Nik telah memasukan informasi lengkap 116 bangunan cagar budaya yang ada di Kota Lama.

Menurutnya, adanya aplikasi ini akan lebih mempermudah pemandu wisata dalam menjelaskan tentang bangunan Kota Lama dan mempermudah pengunjung menerima dan memahami informasi tersebut.

Hadirnya aplikasi ini juga turut mendukung Kota Semarang sebagai Kota Smart City.

"Jadi, pengunjung tidak usah menenteng-nenteng buku tentang sejarah Kota Lama. Sebagai kota Smart City, kami mencoba paperles," ujarnya.

Tidak hanya menghadirkan aplikasi berbasis android saja, Nik menambahkan, Distaru memfasilitasi masyarakat Kota Lama dengan membuka Klinik Pengawasan Bangunan di Gedung Oudetrap.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved