Jadikan Kota Lama Sebagai Kawasan Tertib Hukum, Dishub Buat Posko Pengawasan Terpadu

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang berencana menjadikan kawasan Kota Lama sebagai kawasan tertib hukum

Jadikan Kota Lama Sebagai Kawasan Tertib Hukum, Dishub Buat Posko Pengawasan Terpadu
Tribun Jateng/ Like Adelia
Kawasan Kota Lama Semarang yang masih dalam revitalisasi kini sudah bisa dikunjungi oleh wisatawan. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang berencana menjadikan kawasan Kota Lama sebagai kawasan tertib hukum dengan membentuk Posko Pengawasan Terpadu Kawasan Kota Lama.

Kabid Parkir Dishub Kota Semarang, Danang Kurniawan mengatakan, Posko Pengawasan Terpadu Kawasan Kota Lama ini melibatkan tim Dinas Perhubungan (Dishub), Satlantas Polrestabes, Satpol PP Kota Semarang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang, Distaru, dan sejumlah stakeholder lainnya.

"Untuk jangka pendek, tim terpadu ini harapannya concern di Kawasan Kota Lama. Sedangkan untuk jangka panjangnya, harapannya Kawasan Kota Lama ini sudah menjadi kawasan tertib hukum," kata Danang saat launching Posko Pengawasan Terpadu, Senin (13/5/2019).

Danang melanjutkan, hadirnya posko pengawasan tersebut diharapkan tidak ada lagi pelanggaran hukum yang terjadi di Kawasan Kota Lama, seperti pelanggaran parkir, sampah reklame, perusakan bangunan, pengubahan bangunan, pencurian listrik, hingga pelanggaran ketertiban umum dan hukum.

"Nantinya jika sudah ada SK yang mengatur menjadi kawasan tertib hukum, pengawasannya akan jadi lebih rigid. Kawasan Kota Lama ini tetap terbuka untuk masyarakt umum, tapi menjadi rigid tidak ada pelanggaran hukum," tegasnya.

Sementara itu, untuk mendukung hal tersebut, Danang memaparkan, pihaknya telah mengatur penempatan parkir. Dishub telah menyediakan kantong parkir di tiga titik yaitu di Jalan Suprapto depan kantor pelayanan SIM, Jalan Sendowo, dan di Branjangan.

"Kalau bus pariwisata akan diarahkan ke Jalan Sadewo. Kalau Jalan Suprapto dan Sendowo untuk mobil kecil dan kendaraan roda dua," katanya.

Danang menambahkan, pihaknya juga bakal menyiapkan mobil angkutan khusus dan sementara ini Dishub telah menyiapkan dua unit mobil golf yang melayani setiap Sabtu dan Minggu.

(eyf)

Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved