Dishub Prediksi Ada Penumpukan Kendaraan di Simpang Jrakah Semarang Saat Lebaran, Siapkan Alternatif

Persimpangan Jrakah menjadi titik yang diantisipasi akan adanya penumpukan kendaraan saat arus mudik lebaran 2019 di Kota Semarang

Dishub Prediksi Ada Penumpukan Kendaraan di Simpang Jrakah Semarang Saat Lebaran, Siapkan Alternatif
tribunjateng/akhtur gumilang
JRAKAH - Suasana lalulintas pertigaan Simpang Jrakah, depan Jalan Profesor Hamka, Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Jumat (19/1/2018). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Persimpangan Jrakah menjadi titik yang diantisipasi akan adanya penumpukan kendaraan saat arus mudik lebaran 2019 di Kota Semarang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, M Khadik mengatakan, jika pintu tol Kalikangkung nantinya terjadi antrean sekitar tiga kilometer (km), arus lalu lintas akan dialihkan menuju exit tol Kaliwungu.

Sehingga, pihaknya memprediksi akan ada penumpukan kendaraan di jalur pantura dari Kawasan Mangkang hingga traffic light Jrakah.

"Biasanya nanti numpuk di traffic light Jrakah sampai Mangkang. Nanti, kami akan membuat posko terpadu disana untuk mewaspadai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Posko disana kan dari tol dekat, pantura juga dekar," kata Khadik, Kamis (16/5/2019).

Untuk wilayah kota, lanjut Khadik, ada titik titik yang diprediksi akan padat yaitu Simpang Lima, Pandanaran, hingga Tugu Muda. Kawasan tersebut diprediksi akan ramai dikunjungi masyarakat yang berziarah ke makam Bergota.

"Pengalaman tahun lalu jumlah peziarah banyak sekali. Sehingga, harus diatur rekayasa lalu lintasnya. Kami sudah persiapkan itu," katanya.

Terkait pemantauan, pihaknya bersama Polrestabes Semarang, Dinas Kesehatan Kota Semarang, dan Satpol PP akan menyiagakan 13 posko mudik di Kota Semarang, beberapa diantaranya yaitu Simpang Jrakah, Terminal Mangkang, Exit Tol Kalikangkung, Pasar Karangayu, Terminal Cangkiran, Terminal gunungpati, Kantor Dishub, Tugu Muda, dan Simpang Lima. Posko mudik tersebut akan mulai disiagakan mulai H-7 hingga H+7 lebaran.

"Beberapa pos yang dilalui pemudik luar kota, kami persiapkan untuk tempat istirahat. Mereka juga bisa tanya-tanya berbagai informasi terkait arus mudik, tujuan, maupun jalur-jalur alternatif," ujarnya.

Selain mempersiapkan posko mudik, Khadik juga telah mengecek rambu-rambu permanen di sejumlah titik di Kota Semarang. Rambu-rambu portable dan penerang jalan juga sudah disiapkan.

"Kami upayakan kelancaran lalu lintas para pemudik yang masuk menuju Kota Semarang baik dari arah barat, selatan, tenggara, maupun timur, dari tol maupun jalur biasa," sebutnya.

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved