Sambut Mudik Lebaran, Disperindagkop dan UKM Batang Lakukan Uji Tera SPBU di Jalur Pantura

Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Batang melakukan uji tera di SPBU di Jalur Pantura

Sambut Mudik Lebaran, Disperindagkop dan UKM Batang Lakukan Uji Tera SPBU di Jalur Pantura
Tribun Jateng/Dina Indriani
Petugas dari metrologi Disperindagkop dan UKM Batang saat melakukan uji tera ulang di SPBU Sambong, Kamis (16/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Memasuki minggu kedua Ramadan, Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Batang mulai melakukan persiapan arus mudik dengan pengecekan uji tera ulang pada seluruh SPBU di jalur pantura, Kamis (16/5/2019).

Pengecekan tersebut dilakukan oleh tim seksi kemetrologian Disperindagkop dan UKM Batang.

"Ini merupakan kegiatan rutin setahun sekali menjelang Lebaran untuk memberikan kenyamanan konsumen pemudik yang melewati jalur pantura agar mendapat kepastian, kualitas, kuantitas BBM baik arus mudik dan balik," terang Kepala Seksi Metrologi Disperindagkop dan UKM Batang, Andari Rooska Yuseffina.

Adapun pengecekan dilakukan pada lima titik yakni Kandeman, Subah, Banyuputih, Sambong dengan total 13 SPBU.

Pengecekan dilakukan secara langsung dengan perhitungan meteran dari setiap 20 liter BBM yang disalurkan kepada konsumen.

Selain mengecek takaran, pengecekan juga dilakukan terhadap nozzle, alat juster yang berfungsi mengatur jumlah BBM yang keluar berbanding dengan angka yang tertera pada display dispenser.

Dalam pengecekan yang telah dilakukan, Andari mengatakan seluruh SPBU masih dalam batas toleransi Metrologi dan Pertamina serta tidak ada indikasi kecurangan.

"Kami menggunakan bejana ukur guna memastikan penghitungan tersebut, hasilnya masih dalam batas toleransi, yakni minus 100 mililiter per 20 liter."

"Segel di juster ketika dicek juga masih rapi, tidak masalah kalau misalnya ketika dicek, 'juster' yang tersegel ini kondisinya lepas, SPBU sudah curang," jelasnya.

Ia mengimbau apabila ada kecurangan pihaknya akan melakukan tindakan tegas.

"Kami selaku melakukan pengawasan dan pengecekan rutin, apabila ada kecurangan tentu akan kami tindak tegas dengan sanksi penyegelan sampai dilakukannya tera ulang," ucapnya. (Dina Indriani)

Penulis: dina indriani
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved