Empat Kecamatan Terendam Rob di Kabupaten Demak, BPBD Hanya Lakukan Assesment

Banjir Rob menerjang 4 kecamatan di kabupaten Demak meliputi Kecamatan Sayung, Karangtengah, Bonang dan Wedung, Kamis (16/5/2019).

Empat Kecamatan Terendam Rob di Kabupaten Demak, BPBD Hanya Lakukan Assesment
TRIBUN JATENG/ALAQSHA GILANG IMANTARA
Banjir melanda pemukiman Desa Sriwulan, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Kamis (16/5/2019). (Tribunjateng/Alaqsha Gilang Imantara) 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Banjir Rob menerjang 4 kecamatan di kabupaten Demak meliputi Kecamatan Sayung, Karangtengah, Bonang dan Wedung, Kamis (16/5/2019).

Kepala BPBD Demak, Agus Nugroho, mengatakan banjir Rob melanda pemukiman di Kecamatan Sayung dengan kedalaman antara 20 - 80 cm.

Desa yang terdampak yaitu Desa Sriwulan, Bedono, Purwosari, Gemulak, Sidogemah, Surodadi, Tugu, Sidorejo Timbulsloko dan Banjarsari yang mengenai lahan Pertanian Desa Loireng, Tambakroto dan Sayung.

"Banjir Rob yang melanda pemukiman di Kecamatan Bonang dengan ketinggian air antara 20 - 70 cm.

Desa yang terdampak yaitu Desa Morodemak, Margolinduk dan Purworejo,"ucapnya.

Kemudian, banjir Rob yang melanda kecamatan Wedung yaitu Desa Wedung di Dukuh Siklenting yang mana banjir masuk di permukinan yang rendah di sebelah barat setinggi 5 cm, Dukuh Nggojoyo masuk pemukiman setinggi 15-20 cm.

Untuk Desa dengan status aman yaitu Desa Berahan Kulon, Desa Berahan Wetan, dan Desa Babalan.

"Desa Kedung Mutih masuk ke pemukiman di RW II, setinggi 30 cm.

Beberapa tanggul tambak jebol banyak ikan dan udang lepas dari tambak,"ucapnya.

Untuk Desa Kedungkarang yaitu beberapa tanggul tambak jebol banyak ikan dan udang lepas dari tambak, banyak petani garam yang sudah mulai menyiapkan lahan tergenang lagi.

Untuk kecamatan Karangtengah sampai saat ini di Desa Tambak Bulusan masih aman.

"Upaya yang dilakukan yaitu warga berkoordinasi dengan Ketua RT, RW, serta kelurahan/kecamatan menghubungi BPBD serta instansi terkait,"imbuhnya.

Hal itu kemudian di tindaklanjuti oleh Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kelurahan/Kecamatan, serta instansi terkait lainnya untuk mendatangi lokasi, melakukan Assesment. (agi)

Penulis: Alaqsha Gilang Imantara
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved